Sulut, Tahuna (ANTARA) - Bupati Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara Jabes Ezar Gaghana mengatakan, Dana Insentif Daerah (DID) kabupaten tersebut tahun 2020 akan naik Rp20 miliar dari tahun 2019.

"Tahun 2020 DID Kabupaten Sangihe akan mengalami kenaikan Rp20 miliar menjadi Rp43 miliar dibandingkan tahun 2019 yang hanya Rp23 miliar," kata  Jabes Gaghana di Tahuna, Kamis.

Menurut dia, selain DID, Dana Alokasi Umum juga mengalami peningkatan sebesar Rp25 miliar dari anggaran tahun 2019.

Sebagai pimpinan daerah, kata diai, dirinya menyampaikan terima kasih kepada satuan kerja perangkat daerah yang sudah bekerja keras sehingga tahun 2020 ada kenaikan penerimaan daerah melalui DAU dan DID.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada teman-teman pimpinan OPD atas kerja keras dan kerjasamanya sehingga bisa menaikan penerimaan daerah melalui peningkatan DID dan DAU," katanya.

Selain peningkatan DAU dan DID, katanya, abupaten Sangihe juga berhasil menaikkan Angka Harapan Hidup (AHH), Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Capaian Kinerja SAKIP yang dulu tidak pernah keluar dari kategori C kini bisa mencapai B.

Pemerintah kabupaten juga bersyukur dengan pola yang diterapkan pemerintah pusat, dimana semua pembagian dana ke daerah-daerah diukur dari keberhasilan kinerja pemerintah daerah itu sendiri, tambah Bupati.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024