Sulut, Tahuna (ANTARA) - Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana mengatakan generasi muda harus mampu menjadi patriot bangsa untuk menjaga keutuhan negara Indonesia.

"Generasi muda saat ini harus mampu menjadi patriot bangsa untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata dia saat menutup kegiatan kemah pramuka di Tahuna, Senin.

Dia mengatakan para tokoh pemuda yang mengumandangkan Sumpah Pemuda pada 1928 telah meletakan dasar bagi pemuda saat ini untuk menjaga kebhinekaan serta mengamalkan Pancasila.

"Pemuda harus berada di garda terdepan dalam mengamalkan Pancasila serta menjaga kebhinekaan di Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata diai.

Generasi muda, kata Bupati Ezar, mempunyai tanggung jawab untuk melanjutkan perjuangan mengisi kemerdekaan sehingga harus memiliki jiwa semangat yang produktif dan inovatif dalam berkarya.

"Generasi muda harus memiliki sifat patriotisme dan selalu menjadi garda terdepan dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata dia.

Ia mengemukakan gerakan pramuka harus mengingat bahwa generasi muda saat ini adalah generasi milenial yang memiliki cara berpikir berbeda dengan generasi sebelumnya.

"Generasi muda jangan terjebak dengan rutinitas dan kegiatan monoton, tapi harus mampu membawa perubahan," kata dia.

Ia mengatakan gerakan pramuka harus menggunakan cara kreatif dan kekinian guna menanamkan rasa bangga dan cinta Tanah Air.

"Tinggalkan cara lama yang sudah tidak lagi relevan untuk generasi saat ini," kata dia.

Anggota pramuka, kata dia, harus mampu membangkitkan rasa bangga generasi muda pada Tanah Air agar tertanam dalam sanubari setiap manusia praja muda karana.

Anggota gerakan pramuka, kata dia, harus selalu mengingat Himne Pramuka, sebagai manusia Pancasila demi kejayaan Indonesia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora

Copyright © ANTARA 2024