Manado (ANTARA) - Optimalisasi fungsi Pelabuhan Internasional Hub Bitung diharapkan dapat menyokong perekonomian provinsi berpenduduk lebih dari 2,6 juta jiwa itu, kata Gubernur Olly Dondokambey.

"Pelabuhan Bitung harus kita optimalkan, kalau dulu masih impor terbatas, sekarang sudah terbuka untuk semua jenis barang," ujar Gubernur Olly di Manado, Minggu.

Peluang yang telah terbuka ini, sebut dia, dapat dimanfaatkan para pengusaha dan seluruh masyarakat di daerah ini dalam rangka peningkatan kesejahteraan.

Untuk mewujudkan hal ini, lanjutnya, perlu sinergitas semua pihak terkait agar optimalisasi ekspor bisa dilakukan melalui pelabuhan ini.

"Nah ini bisa tercipta, bisa jalan, kalau kita semua bekerja bersama-sama, kalau sendiri-sendiri ini tidak bisa terwujud," katanya.

Pengusaha dan pihak terkait di daerah, menurut dia, harus memiliki kesiapan karena dipastikan menghadapi tantangan.

"Kita semua harus siap, para bea cukai, karantina paling utama untuk impor barang-barang pertanian ini kalau ada hambatan langsung informasikan kepada pemerintah provinsi. Semoga dalam waktu satu tahun setengah ini bisa kita jalani sehingga manfaat bagi kita akan lebih besar," katanya.

Gubernur Olly mengapresiasi jajaran Kanwil Bea dan Cukai Sulbagtara yang telah memprakarsai diskusi grup terarah belum lama ini untuk penguatan sinergitas kerja dan peningkatan sektor perekonomian di Sulut.
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan

Copyright © ANTARA 2024