Sulut, Tahuna (ANTARA) - Walikota General Santos Filipina, Ronald Rivera mengatakan kabupaten Sangihe Sulawesi Utara merupakan daerah yang tak asing lagi didengar dan memiliki sumber daya lautnya yang sangat melimpah.

"Kami akui sumber daya alam laut di Kabupaten Sangihe sangat melimpah," kata Walikota Generat Santos, Ronald Rivera, sebagaimana dilaporkan Wandu Labesi, Kasubag TUP Pemkab Sangihe dari Filipina, Rabu.

Menurut Rivera, sumber daya alam laut Sangihe yang melimpah  harus dikelola demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Saat ini, kata dia, banyak warga dari Sangihe sudah menetap di pulau Mindanau, bahkan sudah puluhan tahun lamanya.

Program kerjasama dalam berbagai bidang yang diutarakan pemerintah Kabupaten Sangihe akan ditindaklanjuti dengan pihak Mindanau Developement Otority (Minda) yang mengurus semua otoritas khusus di Mindanau.

"Program yang diuraikan oleh pemerintah Sangihe sangat baik, sebab jalur General Santos sangat dekat jika ditempuh dari lautan," kata dia.

Namun demikian kata dia, ada beberapa kesepakatan yang akan ditanda tangani untuk program peningkatan ekonomi masyarakat di Sangihe guna pembukaan kembali jalur dagang antar negara," kata dia.

Dia berjanji akan mengunjungi Kabupaten Sangihe pada tanggal 28 Oktober mendatang untuk melihat secara langsung potensi apa saja yang bisa dilakukan untuk mensukseskan program Sistet City.

"Kami akan berkunjung ke Sangihe untuk melihat langsung komoditi apa saja yang bisa dibawa ke General Santos selain hasil laut," kata dia.

Begitu juga sebaliknya barang-barang yang akan di bawa ke Sangihe, agar proses hubungan dagang dapat berjalan dengan baik.

Bupati Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana mengapresiasi sambutan dan tindak lanjut pihak pemerintah General Santos dalam mensukseskan program Sistet City ini.

"Kami mengapresiasi sambutan pemerintah Filipina khususnya pemerintah General Santos," kata Bupati Jabes Gaghana.

Sasaran utama dalam program ini kata Bupati, adalah peningkatan ekonomi kreatif dalam segala bidang.

Terobosan kerjasama akan menjadi salah satu program yang akan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

"Memang ada beberapa kendala, namun pihak Konsulat Jenderal di Davao sudah memberikan pemahaman terhadap hal-hal yang dijadikan acuan untuk menghindari pelanggaran yang telah diatur oleh negara," kata Bupati.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024