Manado (ANTARA) - Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang mengatakan pameran Alat utama sistem persenjataan (Alutsista)  dimaksudkan untuk menciptakan kemanunggalan TNI dengan rakyat.
"Selain untuk memperkenalkan Alutsista yang dimiliki TNI kepada masyarakat, pameran ini juga dimaksudkan untuk menciptakan kemanunggalan TNI dengan rakyat," kata Pangdam dalam sambutan dibacakan Danrem 131 Santiago Brigjen TNI Joseph Robert Giri saat membuka pameran Alutsista, di Manado, Kamis.
Pameran Alutsista dilaksanakan dari 26 September - 2 Oktober 2019, digelar di kawasan pusat perbelanjaan Lapangan Megamas Manado.   
Ia mengatakan pameran ini merupakan wahana edukasi bagi masyarakat tentang postur militer Indonesia.
Serta  untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air sekaligus sebagai sarana rekreasi dan hiburan bagi masyarakat Kota Manado dan sekitarnya.
Oleh karena itu sangat diharapkan bahwa pameran ini  dapat menarik minat dan mengajak  segenap warga masyarakat Kota Manado dan sekitarnya bersama keluarga serta melihat dan  menyaksikan secara langsung pameran Alutsista TNI tahun 2019.
Bagi TNI sendiri, pameran Alutsista ini juga diharapkan  dapat meningkatkan  kebanggaan dalam diri prajuritnya.
Serta sebagai ajang silaturahmi diantara tiga matra TNI yaitu Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara.
"Pada pameran  Alutsista tiga matra unsur TNI yang bermarkas di Manado menampilkan Alutisista dan berbagai komponen  pendukung lainnya,"katanya.
Ia mengatakan selain untuk meyakinkan bahwa TNI memiliki Alutsista yang memadai untuk mengemban amanah kedaulatan dan keutuhan  NKRI serta harkat dan martabat bangsa Indonesia.
Ini salah bentuk pertanggungjawaban  TNI kepada rakyat  Indonesia terhadap penggunaan anggaran  yang diamanahkan oleh negara.
Selama satu minggu pameran 26 September - 2 Oktober 2019, masyarakat  dapat mengikuti joy ride merasakan naik kendaraan tempur  Alutsista TNI, menyaksikan pemutaran film perjuangan  dan panggung hiburan. 
Pada pameran tersebut menampilkan antara lain helikopter MI-35P,panser Anoa, senjata Armed 105 Tarik, motor pemburu raider, sepeda motor pengawal polisi militer dari masing- masing angkatan, speed boat Sea Rider dari Lantamal VIII.

 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024