Manado (ANTARA) - Minat masyarakat di Kota Manado, Sulawesi Utara, untuk membeli daging kerbau beku dari Perum Bulog Divisi Regional Sulut dan Gorontalo (SulutGo) tinggi yang terlihat dari pasokan yang terus ditambah.

"Sejak tahun lalu, Bulog menjual daging kerbau beku seharga Rp80 ribu per kilogram," kata Kepala Perum Bulog Divre Sulawesi Utara (Sulut) Sopran Kenedi di Manado, Senin.

Dia mengatakan pihaknya juga berencana menambah daging beku sebanyak 12 ribu kilogram, dan yang tiba baru 6 ribu kilogram, sisanya masih dalam proses pengiriman.

"Permintaan dari masyarakat maupun sejumlah rumah makan di Sulut cukup tinggi," katanya.

Dia mengatakan melalui sosialisasi dan edukasi, akhirnya masyarakat di Kota Manado mulai terbiasa mengonsumsi daging kerbau beku ini.

Kenedi menjelaskan saat ini selain masyarakat yang membeli langsung ke kantor Bulog, juga ada restoran.

Pihaknya juga terus menjalin kerja sama dengan hotel karena daging kerbau ini memiliki serat yang lebih tinggi dan rendah lemak dibandingkan dengan daging sapi.

"Masyarakat tidak sulit mendapatkan daging kerbau beku ini, karena juga tersedia di Rumah Pangan Kita (RPK) yang tersebar di Kota Manado dan sekitarnya," jelasnya.

Menurut data Disperindag Sulut, harga daging sapi di sentra perdagangan Kota Manado sebesar Rp112 ribu per kg.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw

Copyright © ANTARA 2024