Tahuna (ANTARA) - Komandan Kodim 1301/Sangihe Letkol Inf Saiful Parenrengi menghadiri peringatan Hari Anak Nasional (HAN) di Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Kehadiran Dandim di Sitaro mendapat sambutan hangat dari pemerintah dan masyarakat setempat karena kabupaten tersebut masuk dalam wilayah kerja Kodim 1301/Sangihe.

Peringatan Hari Anak Nasional dilaksanakan di halaman kantor Bupati Kepulauan Sitaro di Kecamatan Siau Barat, Rabu.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kelurahan Ondong Kecamatan Siau Barat mengusung Tema “Peran Keluarga dalam Pembangunan Anak”.

Kita anak Sitaro, kita gembira bersama, kita wujudkan Sitaro sebagai kabupaten layak anak.

Dandim 1301 Sangihe mengatakan, anak Indonesia harus mendapat perhatian dari semua pihak baik orangtua, sekolah, pemerintah termasuk masyarakat.

“Anak-anak Indonesia harus mendapat perhatian yang serius dari orang tua dan pemerintah sebab mereka adalah generasi penerus dan tonggak-tonggak negara yang harus di persiapkan secara dini," kata Dandim.

Dia mengatakan, dengan bekal ilmu pengetahuan dan ketrampilan serta akhlak moral yang mantap, kabupaten kepulauan Sitaro dan Bangsa Indonesia ke depannya akan menikmati kehidupan yang sejahtera, damai dan aman.

Dia berharap orang tua bisa berperan aktif untuk mengarahkan dan mendidik anak-anak pada berbagai macam bentuk ilmu pengetahuan yang sesuai dengan tingkatan usia dan kecerdasan sehingga mereka terhindar dari pengaruh pergaulan yang negatif.

"Peran orang tua serta masyarakat dalam mengarahkan serta mendidik sesuai tingkatan umum, sangat menentukan masa depan anak itu sendiri," kata Dandim.

Pada peringatan Hari Anak Nasional ini juga di luncurkan program Sitaro bebas sampah plastik yang ditandai dengan pelepasan balon gas oleh Wakil Bupati Jon Palandung di sertai dengan penyerahan hadiah lomba tingkat SD dan SMP.

Bupati Sitaro Evangelin Sasinging mengatakan, apa yang dilakukan hari ini mengandung makna bagi anak-anak serta mendorong orang tua agar memberi contoh tentang cinta lingkungan.

"Peringatan Hari Anak Nasional ini memberikan peran besar bagi keluarga dalam pengasuhan setiap anak di mulai dari pendidikan anak usia dini sampai bertumbuh dewasa nanti," kata Bupati.

Turut hadir dalam acara HAN Tahun 2019 ini Wakil Bupati Sitaro, Jhon H Palandung, Kajari Sitaro Rusdia Tangdilingting, Pabung Sitaro Mayor Chb Alex Juanda, Danramil 1301-01/Tagulandang Kapten Inf Ramli Hamanja, Danramil 1301-02/Siau Kapten Inf Pither Masinna, Kapolsek Siau Barat Kompol Johanes Sasebohe, Kapolsek Siau Timur Iptu Herman Katiandagho, unsur Forkopimda, Camat se wilayah Siau serta jajaran pendidikan dan Forum Anak Daerah Sitaro.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024