Badung (ANTARA) - Rombongan Pemkot Magelang, Jawa Tengah, dan  Pemkab Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Sulawesi Utara, melakukan kunjungan ke Kabupaten Badung, Bali, untuk mempelajari program-program yang dimiliki oleh pemerintah daerah setempat.

"Kami berterima kasih atas penerimaan dari jajaran Pemkab Badung. Dari kunjungan ini, kami ingin menimba ilmu dari berbagai program dan terobosan yang telah berhasil dilaksanakan di Badung," ujar Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina di Mangupura, Selasa.

Ia mengatakan, program yang akan dipelajari di antaranya adalah mengenai pengentasan kemiskinan, pengangguran, pengembangan pariwisata, pengelolaan pajak daerah dan retribusi daerah, serta penyusunan perencanaan tata ruang daerah.

"Kami juga ingin mempelajari program-program Pemkab Badung dalam upaya peningkatan pendapatan daerah, pelestarian nilai sosial budaya dan peningkatan pelayanan kesehatan," katanya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Selatan Deddy Abdul Hamid. Menurutnya, Kabupaten Badung telah berhasil dalam mengembangkan desa wisata dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

"Untuk itu, kami ke sini ingin mengetahui strategi Pemkab Badung dalam pengembangan desa wisata melalui BUMDes/BUMDa, termasuk manajemen pengelolaan kelembagaan BUMDes/BUMDa serta penatausahaan keuangan dan bisnis BUMDes/BUMDa," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa mengatakan, pihaknya mengapresiasi kunjungan rombongan Pemkot Magelang bersama pimpinan DPRD Kota Magelang serta rombongan Wabup Bolaang Mongondow Selatan ke Kabupaten Badung.

Menurutnya, kunjungan itu dapat saling meningkatkan jalinan kerja sama serta dapat menjadi kesempatan untuk saling bertukar pikiran antardaerah.

"Mudah-mudahan dari kunjungan ini dapat menambah ilmu bagi kedua daerah, saling tukar pemikiran dan informasi tentang kebijakan daerah. Yang terpenting, ini dapat mempererat silaturahmi dalam konteks memperteguh rasa nasionalisme sebagai NKRI,” ujar Wabup.

Pewarta : Naufal Fikri Yusuf
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024