Gorontalo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango, Provinsi Gorontalo menyerahkan bantuan program pelayanan dan rehabilitasi sosial bagi disabilitas menuju disabilitas mandiri kepada 91 orang penyandang disabilitas, di Pendopo Bandayo Rumah Dinas Bupati.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou di Gorontalo, Selasa, mengatakan bantuan yang diberikan merupakan bentuk dan wujud kepedulian dan perhatian kepada para penyandang disabilitas di daerah itu.

Hamim berharap kepada para penyandang disabilitas yang mendapat ujian dan cobaan dari Allah SWT tersebut agar menerimanya dengan ikhlas.

"Semua kekurangan itu sudah takdir dari Allah dan tidak ada yang menghendakinya," ujar Hamim di hadapan para penyandang disabilitas.

Namun demikian, kata Hamim, paling penting kita harus selalu memperhatikan kesehatan, rajin olahraga, dan makan sayur dan buah-buahan. Ia pun berjanji akan terus memperhatikan dan terus membantu para penyandang disabilitas tersebut.

"Mari kita selalu bersyukur, saya juga minta maaf tidak banyak bantuan yang diberikan ini dan belum semua penyandang disabilitas yang dapat. Insya Allah yang belum dapat tahun ini akan saya perhatikan dan bantu di tahun-tahun yang akan datang," ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Bone Bolango Dian Susilo menjelaskan, penyerahan bantuan itu sebagai bentuk implementasi dari visi-misi Bupati Bone Bolango untuk mewujudkan masyarakat sebagai masyarakat yang sejahtera, bisa hidup secara layak dan wajar, minimal bisa memenuhi kebutuhan dasarnya.

Ia menyebutkan, masyarakat disabilitas di Kabupaten Bone Bolango dalam basis data terpadu hingga saat ini seluruhnya berjumlah 1.213 orang dan yang mendapatkan bantuan hari ini berjumlah 91 orang.

Dengan jenis bantuan antara lain kursi roda sebanyak 30 unit, alat bantu dengar sebanyak 35 buah, dan tongkat untuk tuna netra sebanyak 26 buah.

"Untuk ke depan akan terus diberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan penyandang disabilitas yang ada di Kabupaten Bone Bolango. Insya Allah seluruhnya dapat dibantu untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, khususnya penyandang disabilitas," pungkasnya.

 

Pewarta : Adiwinata Solihin
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024