Tahuna (ANTARA) - Asisten Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Sangihe Iklis Sombaunaung, melantik dua penjabat kapitalaung di ruang serbaguna kantor bupati Sangihe, Jumat siang.

Kapitalaung yang dilantik masing-masing, Kapitalaung Miulu kecamatan Tabukan Tengah, Naaman Sahentumuwo menggantikan Newton Gunawan, Kapitalauan Nusa kecamatan Nusa Tabukan, Albar Bulegalangi menggantikan Djum Amin Manolang.

Pelantikan dua penjabat kapitalaung berkenaan dengan berakhirnya masa jabatan kapitalaung yang definitif.

Selain dua penjabat kapitalaung, juga dilantik anggota majelis tua-tua kampung Naha, Mufti Ali Birahim menggantikan Gobel Panawar.

Bupati Jabes Gaghana dalam sambutannya yang dibacakan Iklis Sombounaung mengatakan, tugas penjabat kapitalauang selain melaksanakan pemerintahan dan pembangunan serta pelayanan kemasyarakatan juga adalah menyiapkan pelaksanaan pemilihan kapitalaung yang definitif.

"Ada tugas tambahan yang harus dilakukan oleh penjabat kapitalaung yaitu melaksanakan pemilihan kapitalaung yang definitif," kata Bupati.

Penjabat kapitalaung kata dia, harus bisa mengakomodir semua keinginan masyarakat dalam membangun kampung.

"Penjabat kapitalaung jangan memilih kasih dalam melayani masyarakat, tapi harus merangkul semua masyarakat yang ada di kampung tanpa terkecuali," kata dia.

Bupati juga meminta agar dana desa dapat digunakan dengan baik untuk pembangunan serta kesejahteraan masyarakat.

Penjabat kapitalaung juga diminta untuk memberikan himbauan kepada masyarakat untuk melaksanakan kewajiban dalam membayar pajak.

"Membayar pajak merupakan kewajiban setiap warga negara. Kapitalaung harus mampu memberikan pemahaman yang benar agar semua masyarakat dengan sukarela melaksanakan kewajiban dalam membayar pajak," kata dia.

Pewarta : Jerusalem Mendalora

Copyright © ANTARA 2024