Manado (ANTARA) - Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VIII Manado terus meningkatkan fungsi pengawasan dan pengendalian penerbangan di Bandara Sam Ratulangi Manado,  Sulawesi Utara.

Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VIII Manado, Sarmanto mengatakan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, terus berupaya untuk meningkatkan keselamatan, keamanan dan pelayanan penerbangan.

"Salah satu upaya yang dilakukan adalah melaksanakan ujian perpanjangan lisensi/rating personel listrik dan mekanika," kata Sarmanto.

Upaya tersebut, katanya, sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan No 22 Tahun 2015 tentang Peningkatan Fungsi Pengendalian dan Pengawasan oleh Kantor Otoritas Bandar Udara, dimana masing-masing Kantor OBU harus melaksanakan fungsi pengendalian dan pengawasan di wilayah kerjanya.

Adapun fungsi pengendalian dan pengawasan meliputi pemberian arahan, bimbingan, perpanjangan perizinan (sertifikat organisasi dan lisensi personel) dan melaksanakan pengawasan dalam bentuk inspeksi, pengamatan, pemantauan dan memberikan tindakan korektif di bidang Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara, Angkutan Udara, Bandar Udara, Navigasi Penerbangan dan Keamanan Penerbangan.

Sarmanto mengatakan bahwa ujian perpanjangan lisensi/rating personel listrik dan mekanikal dilakukan kepada 8 personel listrik dan mekanikal Perum LPPNPI yang berasal dari Cabang Ambon, KPNP Saumlaki dan 1 personel Listrik Bandar Udara dari UPBU Langgur.

Tujuan pelaksanaan perpanjangan lisensi/rating ini adalah dalam rangka pemenuhan KP. 041 Tahun 2017 tentang PKPS Bag. 139-11, Lisensi dan/atau Rating Personel Bandar Udara, agar penyelenggara bandar udara dan penyedia jasa terkait bandar udara wajib memperkerjakan personel bandar udara yang memiliki kemampuan dan kualifikasi yang sesuai dengan bidangnya.

“Ujian perpanjangan lisensi/rating personel listrik dan mekanikal ini dilakukan oleh Tim Penguji Personel Bandar Udara dari Kantor OBU Wilayah VIII,” kata Sarmanto.

Sarmanto menambahkan pengujian terhadap 8 personel ini dilakukan untuk Rating Genset dan Acos (GNS), Rating Transmisi dan Distribusi (TRD), Rating Air Conditioning System (ACS) dan Rating Airfield Lightning System (ALS).
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw

Copyright © ANTARA 2024