Manado (ANTARA) - Harga cabai di sentra perdagangan Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengalami peningkatan di pekan terakhir bulan Juli 2019.

"Harga cabai di Sulut berfluktuasi dan saat ini naik lagi ke level Rp60 ribu per kilogram dari sebelumnya hanya Rp49 ribu per kg," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut Jenny Karouw di Manado, Selasa.

Jenny mengatakan harga cabai ini mengalami peningkatan sebesar 22,45 persen jika dibandingkan dengan sesi perdagangan satu hari sebelumnya.

Ia menjelaskan pihaknya terus melakukan pemantauan dan pengawasan baik di pedagang pengumpul, distributor, dan daerah sentra produksi.

Dia mengatakan lonjakan harga cabai rawit terjadi karena stok di pedagang terus menurun, karena pasokan dari daerah sentra produksi tersendat.

Oleh karena itu, Disperindag Sulawesi Utara terus melakukan koordinasi dengan 15 kabupaten kota sehingga bisa melakukan pemantauan dengan cepat.

"Jika ada tanda kekosongan semua kabupaten akan saling bantu pasok, namun tetap juga melakukan permintaan ke daerah sentra seperti Gorontalo dan Minahasa," katanya.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024