Minahasa Tenggara, Sulut (ANTARA) - Jumlah jamaah calon haji asal Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) pada tahun 2019, mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir.
"Dalam dua tahun terakhir jumlah jemaah yabg ibadah haji hanya 20an orang. Tapi tahun ini naik menjadi 42 orang," kata Kepala kantor Kemenag Mitra Recky Kaligis pada pelepasan jemaah calon haji di Ratahan.
Hal ini diakui dapat memberi peluang untuk terjadi percepatan pergerakan dalam daftar tunggu jamaah haji. 
"Kami juga sangat berterimah kasih kepada bapak Presiden RI dan bapak Bupati karena selalu peduli dan memberi perhatian serius bagi penyelenggaraan haji di Mitra," ujarnya.
Adapun jumlah jamaah calon haji Mitra, terdiri dari 17 laki laki dan 25 perempuan tergabung pada kloter 13 dari 2 kloter yang disiapkan embarkasi Balikpapan. 
"Jadwal keberangkatan dimulia 31 juli diberangkatkan ke Manado tanggal 1 agustus dini hari ke balikpapan dan 2 Agustus diberangkatkan ke jedah Arab Saudi dan kembali ke tanah air melalui Medinah 14 September nanti," tandasnya.
Sementara itu Bupati James Sumendap menyatakan terima kasih terhadap pemerintahan Jokowi, karena kebijakannya menambah kuota jamaah haji, termasuk di Mitra.
"Patut kami apresiasi apalagi kali ini kuota jemaah calon haji naik sampai 100 persen dari tahun-tahun sebelumnya," kata James. Ia pun berpesan kepada para jemaah untuk tetap menjaga kondisi kesehatan hingga usai pelaksanaan ibadah haji, dikarenakan kondisi di Arab Saudi berbedah dengan kondisi di tanah air. 
"Tunaikan ibadah dengan sungguh dan doakan pemerintah kabupaten Mitra agar diberi kekuatan dan kesehatan untuk memimpin. Juga doakan daerah ini agar menjadi daerah yang terberkati, dan lebih maju," tandasnya.***3*** 

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024