Manado (ANTARA) - Wali Kota Manado, Vicky Lumentut, melaporkan kepada Presiden RI Joko Widodo, bahwa Gubernur telah membuat solusi untuk masalah persampahan di Kota Manado dan sekitarnya. 

"Wali Kota  melaporkan kepada Presiden RI bahwa Gubernur telah membuat solusi dengan membangun TPA regional untuk menampung sampah dari tiga kabupaten dan kota di Sulawesi Utara yang berdekatan," kata Kepala Bagian Humas dan Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Manado, Sony Takumansang, di Manado. 

Dia mengatakan laporan tersebut disampaikan wali kota dalam rapat kerja yang dipimpin langsung oleh Presiden dan Wakil Presiden tentang pembangkit tenaga listrik yang bersumber sampah. 

Dia mengatakan walikota yang dapat kesempatan untuk menyampaikan laporan mengenai masalah persampahan menyebutkan hal tersebut kepada presiden.

Di sisi lain Takumansang mengatakan dalam rapat tersebut presiden sudah menegaskan harus ada solusi untuk masalah sampah, jangan sampai tidak selesai. 

Di sisi lain katanya walikota lumentut mengajak seluruh masyarakat kota Manado untuk selalu menjaga kebersihan dan memperlakukan pola hidup bersih dan membuang sampah pada tempatnya. 

"Wali kota sangat berharap kiranya seluruh masyarakat Manado, akan sangat menyadari untuk mengurangi sampah mulai dari rumah tangga sehingga tidak akan banyak penumpukan di TPA sumompo, " katanya. 

BPR regional sendiri akan dibangun di Ilo - Ilo  di kawasan Minahasa Utara, yang nantinya akan menampung sampah dari Manado dan Bitung. ***

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024