Minahasa Tenggara, Sulut (ANTARA) - Bupati James Sumendap memastikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara segera meninggalkan sistem penyelenggaraan pemerintahan yang konvensional.
"Sekarang Pemkab Mitra mulai meninggalkan sistem penyelenggaraan atau pelaksanaan pemerintahan yang konvensional, dan mulai beralih ke berbasis teknologi," ujarnya di Ratahan.
Menurutnya, penyelenggaraan pemerintahan wajib mengikuti perkembangan kemajuan teknologi untuk memaksimalkan kerja, dan pelayanan pada masyarakat.
"Saat ini kita sudah laksana e-planning, e-kinerja, e-budgeting. Sudah melakukan transaksi elektronik atau non tunai. Pengadaan barang dan jasa juga sudah berbasis elektronik. Pengelolaan sistem kepegawaian juga berbasis elektronik. Termasuk sejumlah pelayanan kepada masyarakat," katanya.
Ia pun menuntut agar para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Mitra cepat menyesuaikan dengan kemajuan teknologi informasi, khususnya dalam penyelenggaraan pemerintahan.
"Seluruh pegawai harus cepat menyesuaikan diri. Kemajuan teknologi semakin cepat jangan sampai ada yang tidak menyesuaikan diri dengan perkembangan ini," ujarnya.
Ia pun mewajibkan ASN dalam semua jenjang jabatan agar dapat menguasai atau mengoperasikan komputer.
"Minggu depan akan dites seluruh pejabat. Harus bisa mengoperasikan komputer minimal Excel, word, dan power poin," tandasnya.

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024