Manado (ANTARA) - Bupati James Sumendap menargetkan perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) rampung pada bulan Agustus 2019.

"Agustus wajib merampungkan APBD perubahan, dan sudah disepakati bersama antara pemerintah dan DPRD. Itu sudah jadi target dan harus menjadi perhatian semua perangkat daerah," kata James saat membuka Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Implementasi Pengelolaan Keuangan di Manado.

Ia pun mewajibkan seluruh perangkat daerah segera melakukan penyusunan anggaran untuk perubahan APBD tersebut.

"Segera lakukan penyusunan anggaran untuk kegiatan yang akan dilaksanakan pada APBD perubahan," ujarnya.

Namun menurut James, setiap perangkat daerah wajib  memahami pelaksanaan penyusunan anggaran secara tepat, dan tidak terlalu berharap pada bawahan.

"Harus juga memahami bagaian penyusunan anggaran itu seperti apa. Termasuk para pejabat wajib mengetahui kode rekening belanjanya," jelasnya. 

Ia juga mengingatkan agar perangkat daerah terus berkoordinasi dengan instansi terkait, berkaitan dengan penyusunan anggaran di setiap instansi.
"Jika ada kendala silahkan konsultasi. Kalau diperlukan silahkan berkonsultasi ke BPKP agar menghindari  kesalahan," tandasnya.

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024