Minahasa Tenggara, Sulut (ANTARA) - Sebagian warga di pesisir pantai Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), mengungsi ke daerah pengunungan setelah terjadinya gempa dengan magnitudo 7,0 Skala Richter, dan keluarnya peringatan dini tsunami.
"Sebagian warga yang ada di pesisir Kecamatan Ratatotok sudah mengungsi ke arah gunung, tepatnya di sekitar arah tambang," kata Ruslan Ibrahim warga Ratatotok.
Ia menambahkan, sampai saat ini belum ada informasi dari pemerintah baik desa maupun kecamatan untuk melakukan mengungsi.
Namun kata Ruslan, sebagian warga masih berada di kampung dan berjaga-jaga, sambil menunggu informasi terkait potensinya tsunami.
"Kami masih berjaga-jaga. Termasuk juga ada anggota TNI yang juga berjaga karena dekat kampung kami ada lokasi latihan militer di pantai," ujarnya.
Sementara itu warga yang berada di pesisir pantai Kecamatan Belang telah meninggalkan tempat tinggalnya, untuk mengungsi ke daerah gunung.
"Kalau daerah pesisir (Belang) sebagian besar warga sudah ke gunung," kata Sri Ilolu warga Belang.
Sampai saat ini BPBD Mitra masih memantau kondisi di lapangan, dan informasi dari BMKG terkait dengan adanya potensi tsunami.
 

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024