Manado (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) akhirnya mengeluarkan izin penggunaan kartu debit BSG dari  Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulawesi Utara dan Gorontalo (Bank SulutGo/BSG).

"Izin BI dikeluarkan setelah melewati berbagai proses  panjang.  Dalam waktu dekat  kartu debit BSG akan diluncurkan secara resmi," kata Dirut Bank SulutGo jeffry Dendeng di Manado, jumat.

Jeffry mengatakan semua kartu debit yang berlogo GPN, sudah bisa langsung dijadikan alat pembayaran di berbagai mercen bank lain tanpa ada pungutan biaya apapun.

"Saat ini Bank SulutGo telah menuju layanan digital untuk lebih memberikan kemudahan bagi masyarakat dan nasabah dalam bertransaksi," kata Jeffry.

Direktur Operasional Bank SulutGo Welan Palilingan mengatakan kartu debit adalah kartu pembayaran secara elektronik yang diterbitkan oleh bank.

Kartu ini, katanya, dapat berfungsi sebagai pengganti pembayaran dengan uang tunai. Kartu ini mengacu pada saldo tabungan bank penerbit tersebut.

Fungsi dari kartu debit adalah untuk memudahkan pembayaran ketika berbelanja tanpa harus membawa uang tunai.

Di banyak negara, penggunaan kartu debit telah menjadi begitu luas karena dapat menggantikan pembayaran melalui cek ataupun uang tunai.

Kartu debit juga, katanya, memungkinkan untuk penarikan uang tunai secara instan, karena dapat bertindak sebagai kartu ATM untuk penarikan tunai.
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024