Minahasa Tenggara, Sulut (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), memberikan apresiasi terhadap peran media dalam keikutsertaannya mengawasi Pemilu di daerah tersebut.
"Dari evaluasi kami, peran aktif media  sangat penting, dan mempunyai dampak yang baik dalam pengawasan Pemilu," kata Ketua Bawaslu Mitra Jobby Longkutoy dalam sosialisasi, dan evaluasi pengawasan pemilu partisipatif bagi media massa di Ratahan, Jumat.
Ia mengungkapkan, semua proses dalam tahapan pelaksanaan Pemilu hampir selesai dan proses pelaksanaan pengawasan bisa berjalan dengan baik.
"Walaupun untuk Kabupaten Mitra ada riak-riak yang terjadi pada tahapan kampanye sampai dengan pemungutan dan peritungan suara, sehingga kita bisa menjalaninya," ungkapnya. 
Lanjutnya,  hal tersebut jelas tidak luput dari partisipasi dari rekan-rekan media, baik secara memberikan masukan, informasi, serta sosialisasi kepada masyarakat luas.
"Hal tersebut sangat peniting bagi kami diakhir tahapan ini, untuk melaksanakan kegiatan yang bersifat evaluasi bagi kami (Bawaslu) dan semua berkaitan dengan tahapan yang sudah dilakukan bersama," jelasnya.
Ia berharap, teman-teman media dapat menyampaikan beberapa hal yang sifatnya merupakan saran, kritikan, masukan. 
"Pokok evaluasi ini  akan kami jadikan suatu catatan dan rekomendasi secara berjenjang, dan akan kami sampaikan ke Bawaslu Provinsi sampai seterusnya. Ini semua bisa menjadikan referensi kami di Pilgub nanti, agar kualiatasnya menjadi lebih baik dari Pileg dan Pilpres,” tandasnya.
Sementara itu, ditambahkan Divisi SDM Bawaslu Mitra Dolly Van Gobel, sosialisasi ini terkait dengan dilaksankanya hajatan Pileg dan Pilpres, 
"Marilah bersama-sama saling mengevaluasi. Karena nantinya kita akan melaksanakan Pilgub, tetapi awal tahapanya sudah akan dilaksanakan di tahun 2019 ini," ujarnya.
Dia pun mengapresiasi peran pers di Mitra, yang telah memberikan informasi kepada pihaknya atas dugaan-dugaan pelanggaran yang diinformasikan kepada pihaknya.

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024