Sulut, Tahuna (ANTARA) - Pemerintah siap membantu pembangun 542 unit Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH)  bagi keluarga berpenghasilan rendah yang belum memiliki rumah di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara.

"Pembangunan 542 unit RTLH tersebut merupakan bantuan stimulan perumahan swadaya bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara(APBN)," kata Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Kepulauan Sangihe Sukardi Adilang di Tahuna, Kamis.

Menurut dia, bantuan Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH) yang dibiayai melalui APBN akan diserahkan berbentuk uang tunai kepada masyarakat penerima untuk dikelola langsung.

"Kami akan memberikan anggaran pembangunan rumah kepada masyarakat penerima manfaat sebagai modal pembelian bahan bangunan," kata dia.

Setiap keluarga penerima manfaat,  kata dia, akan diberikan dana pembangunan rumah sebesar Rp15 juta.

Dia mengatakan, ada 10 kampung yang tersebar di beberapa kecamatan sebagai lokasi sasaran pembangunan rumah bantuan.

"Bantuan pembangunan rumah tersebar di wilayah kecamatan Tamako, Manganitu Selatan, Tabukan Utara dan Manganitu," kata dia.

Dia berharap semua keluarga penerima manfaat pembangunan rumah dapat menggunakan dana dengan baik untuk membangun rumah tempat tinggal yang layak.



Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024