Manado (ANTARA) - Pemerintah provinsi(Pemrov) melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Utara (Sulut) terus melakukan koordinasi dengan kabupaten kepulauan untuk memantau dan mengawasi kebutuhan pokok di kawasan itu.

"Harus diakui, harga sejumlah kebutuhan pokok di tiga kabupaten kepulauan Sulut jauh lebih tinggi dibandingkan dengan di sentra perdagangan Kota Manado," kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam negeri, Disperindag Sulut Hanny Wajong di manado, Kamis.

Hanny mengatakan sehingga pemantauan dan pengawasan, serta ketersediaan stok di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sangihe dan Talaud harus tetap terjamin di daerah tersebut.

Karena, katanya, terkadang harga kebutuhan pokok di kepulauan bisa mempengaruhi harga di kabupaten lain.

Ia mengatakan saat ini harga sejumlah kebutuhan pokok di sentra perdagangan Kota Manado, masih dalam keadaan stabil.

Tercatat harga di Pasar Pinsungkulan dan Pasar Bersehati, untuk beras medium Bulog Rp9.450/kg, beras premium Rp11.000-Rp12.500/kg, minyak goreng curah Rp10.500-Rp11.000/liter, gula pasir Rp12.000/kg, cabai merah keriting Rp44.000/kg, bawang merah Rp51.000/kg, daging ayam ras Rp34.000/kg, dan daging sapi Rp113.000/kg.

"Kami akan terus melakukan pemantauan dan pengawasan, sehingga jika terjadi kekurangan stok, akan segera dipasok dari sentra produksi," jelasnya.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024