Tahuna (ANTARA) - Bupati Kepulauan Sangihe Jabes E Gaghana meminta kapitalaung mengayomi seluruh masyarakat yang tinggal dan berdiam di wilayah pulau yang ada di kabupaten perbatasan dengan Filipina tersebut 

"Kapitalaung agar mengayomi seluruh masyarakat di wilayah Kepulauan Sangihe," kata Bupati Gaghana dalam sambutan pelantikan Kapitalaung Tawoali dan Taloarane dibacakan Sekretaris Daerah(Sekda) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sangihe, Sulawesi Utara,  Edwin Roring, Sabtu.

Bupati Sangihe Gaghana mengatakan  kapitalaung sebagai motivator harus mampu menjadi pengayom bagi semua masyarakat, sehingga terjadi keseimbangan dan keadilan di tengah masyarakat.

Kapitalaung juga sebagai pengambil kebijakan serta pembangunan kiranya dapat mendorong masyarakat agar bisa terlibat aktif.

Kapitalaung harus menjadi ujung tombak yang tajam bukan tumpul agar dapat menyelesaikan semua permasalahan yang ada di kampung.

"Setiap permasalahan harus diselesaikan di kampung agar tidak menimbulkan perpecahan di masyarakat," kata Sekda.

Penjabat Kapitalaung selain menjalankan tugas pemerintahan dan pembangunan serta kemasyarakatan juga memiliki tugas menyiapkan pemilihan kapitalaung.

"Pemilihan kapitalaung harus segera disiapkan oleh penjabat kapitalaung agar terpilih pejabat yang definitif" kata dia.

Son Larenggang dilantik menjadi penjanag Kapitalaing Taloarane dan Novalin Tengkue menjadi penjabat Kapitalaung Tawoali.

Dia berharap penjabat kapitalaung bisa mengkoordinir masyarakat dalam menunjang setiap program pemerintah.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024