Minahasa Tenggara, Sulut (ANTARA) - Wakil Bupati (Wabup) Minahasa Tenggara Joke Legi mengingatkan kepada pemerintah desa di kabupaten itu, agar memperhatikan setiap pelaporan pengelolaan, dan penggunaan dana desa (DanDes) saat Bimtek Pemdes.
"Saya ingatkan jangan ada laporan-laporan fiktif dalam penggunaan dana desa, atau laporan yang tidak masuk diakal," tegas Joke, di Ratahan, Jumat.
Ia menegaskan, pihak Pemkab Minahasa Tenggara tidak akan pernah mentolerir bagi pemerintah desa yang kedapatan menyampaikan laporan keuangan fiktif.
"Tanggung resiko karena tidak ada yang akan membela jika laporan yang sifatnya fiktif. Kami dari pemerintah akan mendukung proses hukum jika ada indikasi korupsi," katanya.
Ia pun mengingatkan kepada seluruh pemerintah desa agar mengelola anggaran tersebut sesuai dengan peruntukan, dan peraturan yang berlaku.
“Dana desa digunakan harus sesuai aturan, karena ini menyangkut masyarakat umum. Karena penyalahgunaan dana desa sanksinya berat sekarang,” tegasnya lagi.
Lebih lanjut kata Joke, instansi teknis seperti Inspektorat akan dimaksimalkan untuk mengawasi pemanfaatan dana desa.
"Ini akan diawasi serius oleh instansi teknis terkait. Untuk menghindari terjadinya penyelewengan dana desa," tandasnya.***2***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024