Minahasa Tenggara, Sulut (ANTARA) - Kabupaten Minahasa Tenggara tepat hari ini menginjak usia 12 tahun. Beragam persoalan manis-pahit pun sudah dilalui daerah Patokan Esa (Pasan, Tonsawang Ponosakan, ) ini. 

Pembangunan beberapa sektor sempat tersendat di awal berpisah dari wilayah Minahasa Selatan (Minsel) 2007 silam. 

Bahkan hingga beberapa tahun berjalan, untuk pengelolaan keuangan di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara masih menjadi PR. Dimana dalam setiap pemeriksaan BPK (hingga 2013) Kabupaten Mitra tak mampu keluar dari penilaian opini disclamer (lihat grafis).

Namun seiring berjalanannya waktu hal tersebut mulai berubah. Kabupaten Minahasa Tenggara perlahan mulai menunjukan perubahan, terlebih semenjak Kepemimpinan Bupati James Sumendap yang dimulai 2013 lalu. Pembenahan besar-besaran pun dilakukan. Mulai pengelolaan keuangan, pembangunan infrastruktur, pendidikan, pertanian, pariwisata perikanan semuanya digenjot. Sejumlah program pro rakyat pun diterapkannya guna menopang pembangunan daerah. Sejumlah sektor pun jadi unggulan, bahkan ada yang melebihi diatas capaian daerah lain di Sulut.

Ide bes Bupati James Sumendap memberikan penghargaan kepada Wagub Sulut Steven Kandow pada peringatan 12 tahun Kabupaten Minahasa Tenggara (Ist) Bupati James Sumendap memberikan penghargaan kepada Ketua TP-PKK Minahasa Tenggara pada peringatan 12 tahun Kabupaten Minahasa Tenggara. (Ist) Bupati James Sumendap bersama Wagub Steven Kandow dalam peringatan 12 tahun Kabupaten Minahasa Tenggara. (Ist) Bupati James Sumendap bersama Wagub Steven Kandow dan sejumlah kepala daerah se Sulut pada peringatan 12 tahun Kabupaten Minahasa Tenggara. (Ist) Bupati James Sumendap bersama Wagub Steven Kandow dan sejumlah kepala daerah se Sulut beserta Forkopimda pada peringatan 12 tahun Kabupaten Minahasa Tenggara. (Ist)  ar Bupati  Name Sumendap terus dilaksanakan dari tahun ke tahun pada selain diarahkan untuk pembangunan sejumlah infrastrukutur, juga menyasar pada peningkatan kesejahteraan, serta meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.


Minahasa Tenggara menerobos era informasi teknologi dan digitalisasi

Menginjak usia ke 12  tema 'Menuju Era Informasi dan Teknologi' digaungkan Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara. Lantas tema tersebut seakan layak dan pantas dikarenakan di Kabupaten Mitra sendiri sejak awal 2018 ini sudah terlebih dahulu menerapkan sistem e-kinerja, e-budgeting dan e-planning. "Setiap minggu laporan harian baik pembangunan ataupun keuangan harus dipaparkan di tiap papan SKPD, Setda, Setwan, Sekolah dan desa. Jadi dengan begitu jika ada laporan masyarakat bisa langsung disampaikan ke inspektorat. Selanjutnya inspektorat wajib menindaklanjuti dalam waktu 24 jam," jelas Bupati James Sumendap yang turut menambahkan untuk dandes dan dana bos wajib dilaporkan setiap pekan di rumah Ibadah, baik gereja ataupun masjid. 

Tak hanya sampai di situ, bahkan seluruh program pemkab ini dipastikan dipantau langsung ke link KPK, kejaksaan, dan kepolisian. "Ini dalam rangka good govenance dan clean governance. Serta semuanya wajib sesuai aturan," tambah Bupati yang berhasil membawa Mitra meraih opini WTP dalam tiga tahun terakhir.(advetorial)

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024