Manado (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di wilayah Sulawesi Utara cerah berawan hingga hujan ringan pada Senin (20/5).

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Carisz Kainama di Manado, Minggu mengatakan cuaca cerah berawan berpeluang terjadi di Kota Bitung dan Kota Kotamobagu.

Selain itu, di Boroko (Kabupaten Bolaang Mongondow Utara), Molibagu (Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan), Tutuyan (Kabupaten Bolaang Mongondow Timur), Lolak (Kabupaten Bolaang Mongondow), Amurang (Kabupaten Minahasa Selatan), Ondong Siau (Kabupaten Kepulauan Sitaro), dan Melonguane (Kabupaten Kepulauan Talaud).

Ia mengatakan hujan ringan diperkirakan terjadi di wilayah Kota Manado, Kota Tomohon, Airmadidi (Kabupaten Minahasa Utara), Ratahan (Kabupaten Minahasa Tenggara), Tahuna (Kabupaten Kepulauan Sangihe), dan Tondano (Kabupaten Minahasa).

"Kecepatan angin permukaan berkisar antara 10-20 kilometer per jam dari selatan-utara," kata dia.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Bitung Daniel R Aror mengatakan tinggi gelombang di sejumlah perairan di daerah itu di bawah satu meter.

Tinggi gelombang laut Sulawesi, perairan Kepulauan Sangihe, perairan utara Sulut, dan peraturan selatan Sulut berkisar 0,5-0,75 meter, sedangkan di perairan Kepulauan Talaud dan Laut Maluku berkisar 0,5-1 meter.
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024