Manado (ANTARA) - Sebanyak 186 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan III, Kamis, mengikuti pelatihan dasar yang dilaksanakan Pemkot
Tomohon bekerja sama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Pelatihan dasar ini akan berlangsung hingga 3 Juli 2019 atau selama 51 hari," kata Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman didampingi Wakil Wali Kota Syerly A Sompotan.

Wali Kota Jimmy mengatakan, Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, menyebutkan syarat wajib pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil menjadi Pegawai Negeri Sipil adalah melalui pendidikan dan pelatihan prajabatan.

Kemudian dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS disebut dengan pelatihan dasar.

"PNS sebagai unsur utama sumber daya manusia Aparatur Sipil Negara memiliki peranan penting menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan," sebut Wali Kota.

Karena itu, untuk membentuk PNS yang mampu mewujudkan harapan itu, pelatihan dasar menjadi penting diikuti seluruh CPNS.

"Pelatihan dasar ini memberikan pengetahuan pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika PNS, pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara, serta bidang tugas dan budaya organisasi," ujarnya.

Ketika memiliki kemampuan-kemampuan yang dibelajarkan itu, manakala menjadi PNS diharapkan mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat.

"Ikutilah pelatihan dasar ini dengan sebaik-baiknya, menjaga kesehatan serta menyimak dan melaksanakan arahan pembina dan instruktur," ajaknya.

Bila selesai mengikuti kegiatan ini, Wali Kota berharap dapat mengaplikasikan ilmu dan keterampilan ketika kembali melaksanakan tugas-tugas di perangkat daerah masing-masing. 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024