Manado (ANTARA) - Kapolresta Manado Kombes Pol. Benny Bawensel, mengatakan menyiapkan 130 personel  polisi untuk mengamankan jalannya rekapitulasi penghitungan suara ditingkat KPU Kota Manado. 

"Untuk jalannya rekapitulasi penghitungan suara kami berkoordinasi dengan KPU Manado dan menyiapkan ratusan personel mengamankan jalannya rekapitulasi tingkat kota di Hotel Peninsula," kata Bawensel, di Manado, Rabu. 

Dia mengatakan,  sehari sebelum pelaksanaan pihaknya sudah mengamankan lokasi yang akan digunakan sebagai tempat penghitungan suara tingkat Kota Manado atau lokasi pleno rekapitulasi, untuk memberikan kenyamanan kepada para penyelenggara baik KPU Bawaslu maupun para saksi dan PPK. 

"Kami memeriksa setiap orang yang akan masuk ke ruangan untuk memastikan tidak membawa barang-barang terlarang juga untuk memastikan yang masuk adalah yang berkepentingan," katanya. 

Dia mengakui memang untuk pengamanan pleno rekapitulasi tingkat Kota Manado ini lebih ketat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan supaya penghitungan suara bisa berjalan lancar. 

"Memang ada security door yang kami siapkan dan itu sudah sesuai dengan standar operasional prosedur, atau SOP  dalam setiap pengamanan satu kegiatan untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan," katanya.
 
Dia mengatakan bukan hanya anggota Polri saja yang ikut terlibat dalam pengamanan, tetapi juga melibatkan personil dari TNI angkatan darat yakni dari kodim 1309 Manado. 

"Sesuai kesepakatan dan tugas kami pengamanan akan dilakukan sampai 5 hari kedepan sesuai dengan waktu yang ditetapkan oleh aturan untuk penghitungan atau pleno rekapitulasi di tingkat KPU," katanya. 

Meskipun mengakui harus melihat nanti perkembangan apakah akan ada penambahan waktu, dia menegaskan pihaknya tetap melakukan pengamanan, sesuai dengan ketentuan dan tupoksinya dan yang pasti menyelesaikan sampai lima hari berdasarkan jadwal yang diberikan kepada KPU. ***

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024