Manado (ANTARA) - Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon, Jenny Sompotan mengimbau seluruh elemen masyarakat agar  menunggu pleno penetapan hasil pemilu dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang saat ini masih berproses.

"Sungguhpun setiap calon atau partai telah memiliki data pascaperhitungan di TPS usai pemilu 17 April lalu, namun sebaiknya menunggu hasil resmi," kata Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon, Jenny Sompotan di Tomohon, Minggu.

Tahapan rekapitulasi berjenjang telah dilakukan yang dimulai dari tingkat kecamatan, kemudian akan dilanjutkan ke tingkat kota.

Karena itu, paling bijaksana menurut dia adalah bagaimana menghargai tahapan penyelenggaraan pemilu yang saat ini masih direkapitulasi di tingkat kecamatan.

Apa yang dilakukan ini adalah bagian dari bagaimana memberikan ruang bagi penyelenggara pemilu melaksanakan tugas dan tangung jawab yang diembannya, ujarnya.

"Kita tunggu saja hasilnya, toh pada akhirnya sesuai dengan jadwal akan ditetapkan oleh KPU secara berjenjang," ujarnya

Di interval menjelang penetapan KPU pada bulan Mei mendatang, Jenny mengajak warga menanggalkan perbedaan pilihan saat pemilu 17 April lalu.

"Bagaimanapun juga perbedaan pilihan adalah keragaman yang harus dihargai, bukan dipersoalkan," ujarnya.

Tak kalah pentingnya, harap dia, persatuan dan kesatuan harus ditegakkan, tidak dikotori dengan upaya-upaya merusak bingkai saling menghargai perbedaan yang telah terpelihara selama ini.

"Kita berikan ruang bagi KPU menyelesaikan tugasnya melakukan rekapitulasi sesuai dengan jadwal yang ditetapkan," harapnya.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024