Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak mendorong kreativitas para seniman muda Jawa Timur dalam upaya melestarikan budaya, dan memunculkan talenta-talenta berbakat yang nantinya akan menjadi seniman unggulan wilayah tersebut.

"Kita berharap Gebyar Pekan Cipta Seni Provinsi Jawa Timur ini bisa meneruskan potensi bakat para seniman muda, dan membuat apa yang disebut sebagai 'Jawa Timur Dream Team'," ujar Emil, dalam sambutannya pada Gebyar Pekan Cipta Seni Provinsi Jawa Timur, di Kota Malang, Jumat.

Emil menambahkan, saat ini, kreativitas anak-anak muda di Indonesia menjadi hal yang sangat menentukan dalam persaingan untuk segala bidang, termasuk pada dunia kesenian. Oleh karena itu, anak-anak muda khususnya di Jawa Timur membutuhkan banyak pengalaman.

Menurut Emil, pengalaman yang didapat para seniman muda dalam Gebyar Pekan Cipta Seni Provinsi Jawa Timur terbilang cukup menjanjikan, karena, para seniman muda itu harus bersaing secara positif bersama rekan-rekan lainnya yang berasal dari berbagai wilayah di Jawa Timur.

Pada kompetisi tersebut, menampilkan beragam kesenian Jawa Timur yang dilombakan. Beberapa diantaranya adalah pawai budaya, musik tradisional, tari tradisional, teater tradisional, paduan suara, musik qasidah, seni cipta, baca puisi, seni rupa, melukis poster, desain tekstil, dan seni patung.

"Ini tentunya, selain melestarikan budaya juga mengasah kreativitas menuju ke era, di mana kreativitas menjadi hal yang sangat menentukan, apakah kita bisa bersaing atau tidak di dunia profesional," ujar Emil.

Pada Gebyar Pekan Cipta Seni Provinsi Jawa Timur tersebut, para peserta berasal dari berbagai wilayah yang ada di Jawa Timur, yang terbagi dalam kategori usia mulai 7-12 tahun, 13-15 tahun, dan kategori 16-18 tahun. Kompetisi itu juga diharapkan mampu meningkatkan rasa percaya diri para seniman muda yang turut serta.

Total peserta yang turut serta dalam Gebyar Pekan Cipta Seni Provinsi Jawa Timur tersebut mencapai 5.950 seniman muda. Dari seluruh peserta itu, kompetisi tari tradisional menjadi favorit dengan total peserta mencapai 1.496 anak, diikuti paduan suara 1.430 anak, dan teater seni tradisional sebanyak 1.386 anak.

Diharapkan, Gebyar Pekan Cipta Seni Provinsi Jawa Timur yang berlangsung mulai 24 April 2019 itu bisa menyedot penikmat seni dari wilayah jawa Timur, yang diperkirakan mencapai 7.000 orang.


Pewarta : Vicki Febrianto
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024