Tahuna, Sulut (ANTARA) - Bupati Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, Jabes Ezar Gaghana meminta semua masyarakat untuk mewaspadai bahaya bencana banjir dan longsor.

"Kami minta masyarakat agar tetap waspada terhadap bencana longsor dan banjir saat musim hujan," kata Bupati Jabes Gaghana di Tahuna, Kamis.

Menurut Bupati, hujan yang mengguyur Kabupaten Sangihe sejak pagi harus disikapi dengan kewaspadaan oleh masyarakat.

"Hari ini, wilayah Kepulauan Sangihe diguyur hujan sejak pagi sehingga perlu diwaspadai oleh masyarakat yang bermukim di daerah rawan banjir dan longsor," kata Bupati.

Bupati minta Badan Penanggulangan Bencana Daerah sebagai dinas teknis agar terus melakukan pemantauan terhadap kondisi alam.

"Dinas teknis supaya terus melakukan pemantauan serta koordinasi dengan pemerintah kampung dan kelurahan tentang kondisi alam," kata dia.

Bupati juga minta kepekaan masyarakat yang bermukim di daerah aliran sungai serta lereng bukit untuk melihat tanda-tanda alam.

"Kalau dalam beberapa jam hujan tidak berhenti, sebaiknya masyarakat yang bermukim di daerah rawan bencana segera mengungsi ke tempat yang aman," katanya.

Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024