Minahasa Tenggara, Sulut (ANTARA) - Umat Kristiani di Kabupaten Minahasa Tenggara mulai menghiasi gereja dan kawasan pemukiman mereka dengan ornamen khas perayaan Paskah.
      "Menjelang Paskah, kami sudah mulai menghias gereja, dan tempat tinggal kami dengan ornamen Paskah. Dan kegiatan ini sudah menjadi tradisi bagi kami," kata salah seorang warga Ratahan, Apolos Kawenas, di Ratahan, Sabtu.
      Selain ornamen, dibangun juga pondok-pondok yang dihiasi dengan pernak-pernik khas Paskah yang dipasang oleh warga.
       "Selain itu juga ada pondok-pondok Paskah. Ini dibuat semenarik mungkin dengan hiasan ornamen paskah," ujar Apolos.
       Dia menuturkan, pondok yang dibuat masyarakat tersebut dijadikan tempat berkumpul para jemaat untuk melaksanakan ibadah bersama menyambut perayaan Jumat Agung dan Paskah.
       "Pondok ini dijadikan tempat para jemaat berkumpul bersama, dan melaksanakan ibadah menyambut hari besar bagi agama Kristen ini," ujarnya.
       Sementara itu Juru Bicara Pemkab Minahasa Tenggara, Franky Wowor mengungkapkan, dalam rangka menyambut paskah, seperti menghias ornamen ada sebagian warga dari golongan agama lain ikut membantu dalam menghias.
       "Sudah menjadi tradisi di Kabupaten Minahasa Tenggara, masyarakat saling membantu jika menyambut hari besar keagamaan. Seperti paskah ini banyak umat golongan agama lainnya terlibat menyemarakkannya," kata Franky.
        Menurutnya hal tersebut merupakan bukti dari kuatnya kerukunan antar umat beragama di Kabupaten Minahasa Tenggara.***4***  

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024