Minahasa Tenggara, Sulut (ANTARA) - Puskemas yang berada di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara (Sulut) diminta dapat memaksimalkan dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) tahun anggaran 2019.

      "Kami meminta dan mewajibkan kepada seluruh Puskesmas, yang jumlahnya ada 12 Puskemas ini untuk memaksimalkan dana BOK yang sudah dialokasikan," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Helni Ratuliu di Ratahan, Rabu.

       Ia menuturkan, pemerintah telah menyiapkan anggaran dana BOK untuk memenuhi operasional dari setiap Puskesmas.

       "Untuk pembagian ke Puskesmas berdasarkan jumlah penduduk di masing-masing kecamatan. Termasuk untuk membiayai pendampingan serta penyuluhan kesehatan," ujarnya.

      Dengan adanya anggaran tersebut, diharapakan Puskemas dapat memaksimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di setiap kecamatan.

       "Makanya mereka juga harus bisa turun langsung ke masyarakat, jika ditemui kasus-kasus penyakit yang perlu penanganan khusus," jelasnya.

       Sementara itu bagi Puskemas yang pelayanan kesehatannya kurang ke masyarakat akan menjadi perhatian khusus dari pihak Dinkes.

       "Untuk itu diharapkan juga tidak ada laporan kurangnya penanganan kesehatan di tingkat Puskemas, karena alokasi operasionalnya sudah ditingkatkan," tandasnya.***4***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda

Copyright © ANTARA 2024