Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) segera mengimplementasikan program Presiden Jokowi dalam pengembangan investasi di daerah melalui sistem aplikasi.

     Seperti diungkapkan Bupati James Sumendap saat menghadiri Rakornas Investasi 2019, Pemkab Minahasa Tenggara telah melaksanakan program pengurusan izin secara aplikasi yakni 'Online Single Submission' (OSS).

      "Untuk aplikasi OSS kami sudah mulai melaksanakannya, melalui instansi teknis terkait. Ini untuk mempermudah masyarakat maupun pengusaha dalam pengurusan izin usaha," ujarnya.

     Selain itu menurut James, pihaknya juga akan menerapkan Koordinasi Pengawalan Investasi Memanfaatkan Aplikasi (Kopi Mantap) pendukung dalam OSS. 

     Kopi Mantap akan menjadi aplikasi yang berfungsi sebagai protokol komunikasi untuk mengawal proses investasi oleh pelaku usaha yang telah memperoleh izin melalui Online Single Submission (OSS).     

      Selain itu menurutnya Pemkab Minahasa Tenggara saat ini fokus terhadap pengembangan investasi di daerah, yang merupakan penjabaran dalam visi-misi kepala daerah.

     “Jika investasi berjalan secara optimal, maka wirausahawan akan terus bertambah, dan ini akan membuka kesempatan berusaha yang seluas-luasnya. Ini akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata James, yang juga ikut mendampingi Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey.***3***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda

Copyright © ANTARA 2024