Manado, (Antaranews Sulut) -  Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kota Manado 2018, mendapatkan predikat BB, dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) RI. 

"Hasil diserahkan langsung MenPAN-RB, Drs. Syafrudin,  dan diterima oleh Wakil Wali Kota Manado, Mor Dominus Bastiaan, SE, di  Makassar, Sulawesi Selatan, siang tadi," kata Kepala Bagian Pemerintahan dan Humas Setda Kota Manado, Sonny Takumansang, di Manado, Selasa. 

Dia mengatakan, Manado dievaluasi bersama dengan sejumlah daerah yang masuk pada wilayah III, dari pembagian yang dilakukan oleh KemenPAN-RB. 

Dari evaluasi tersebut, kata Takumansang, maka SAKIP Manado mendapatkan predikat BB, dan menyerahkan hasil evaluasinya Selasa.  

Takumansang mengatakan, Wali Kota Vicky Lumentut dan  Wawali Mor Bastiaan, menyampaikan, terima kasih kepada seluruh jajaran pemerintah kota yang sudah bekerja keras untuk melaksanakan kerja dengan baik. 

Hasilnya, kata adalah hal yang baik dan dapat dilihat pada sejumlah capaian sekarang, dan diharapkan menjadi makin baik lagi. 

Menurut Takumansang sesuai dengan apa yang disampaikan Wawali, bahwa  MenPAN-RB mengatakan, bahwa penerapan SAKIP, menghemat anggaran hingga triliunan di Indonesia dan miliaran di Kota Manado. 

"Penghematan diperoleh melalui cross cutting, program yang kurang sesuai dan dialihkan dan fokus pada program yang tepat, sasaran,  sebab melalui SAKIP, paradigma kinerja pemerintah diubah, bukan hanya melakukan program yang dianggarkan, tetapi cara paling efektif dan efisien mencapai sasaran," katanya. ***
 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024