Minahasa Tenggara, (Antaranews Sulut) - Pernyataan tegas disampaikan Bupati James Sumendap menjelang pelaksanaan pemilihan hukum tua (Pilhut) atau kepala desa yang akan dilaksanakan di hampir 100 desa di Kabupaten Minahasa Tenggara.

    "Jika terjadi ancaman terhadap kondisi keamanan dalam pelaksanaan Pilhut maka saya bakal batalkan pelaksanaan pemilihannya," tegasnya saat melantik sejumlah penjabat Hukum Tua di Kecamatan Tombatu Timur, Sabtu.

    Lebih lanjut kata James, kondisi keamanan dan ketertiban yang kondusif menjadi syarat utama dalam pelaksanaan Pilhut mendatang.

    "Ini menjadi syarat utama jika mau ada pelaksanaan Pilhut. Makanya saya imbau seluruh masyarakat saling menjaga kondisi keamanan di desanya masing-masing," katanya.

    Dia juga memerintahkan para penjabat Kumtua agar menjaga kondisi keamanan menjelang pelaksanaan Pilhut, serta terus berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan, aparat kepolisian, dan TNI.

     "Para penjabat wajib untuk menjaga desanya tetap kondusif. Jika ada gangguan keamanan langsung dikoordinasikan dengan aparat keamanan, serta camat," jelasnya.

     Ia juga meminta semua pihak agar bersama-sama menjaga kondisi keamanan di masing-masing desanya menjelang Pilhut.***2***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda

Copyright © ANTARA 2024