Manado, (Antaranews Sulut) - Anggota Komisi VII DPR-RI Dapil Sulawesi Utara, DR. Bara Krihsna Hasibuan Walewangko bersama Kementerian ESDM meresmikan penerangan jalan umum tenaga surya (PJUTS) di Talikuran Satu, Sonder, Minahasa.

"PJUTS itu secara keseluruhan berjumlah 300 unit, dan diresmikan simbolis di Minahasa dan kami menjadikannya, dan peresmiannya dilakukan oleh Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kemen ESDB, Rida Mulyana dan Sesdirjen Ketenagalistrikan Munir Ahmad, dan saya ikut mendampingi sebagai komisi yang bermitra dengan kementerian tersebut," kata Bara Hasibuan, di Manado, Jumat. 

Menurut Bara, PJTUS yang diresmikan tersebut tersebar di seluruh Sulawesi Utara, dan terbanyak berada di Minahasa, yang berjumlah 141 unit dan dia mengapresiasi kinerja Dirjen EBTKE Kementerian ESDM yang terus memberikan perhatiannya kepada pembangunan energi di Sulawesi Utara.  foto bersama usai peresmian. (Ist) (1)

"Saya juga mengapresiasi kinerja Dinas ESDM Provinsi Sulawesi Utara yang dipimpin Kepala Dinas BA Tinungki, dan semua pihak yang mendukung sehingga program ini bisa berjalan dengan baik," katanya.

Bara mengatakan itu merupakan salah satu bagian dari tugasnya sekaligus bukti untuk membangun daerahnya seperti yang selalu dilakukan semenjak dilantik sebagai anggota DPR RI menggantikan pada Februari 2017 lalu. 

"Juga merupakan salah satu bagian dari tanggung jawab saya sebagai wakil rakyat Sulawesi Utara, di Komisi VII DPR RI, untuk memastikan agar bantuan dari pusat terutama di bidang Energi dapat tersalurkan secara maksimal dan berguna juga secara maksimal untuk masyarakat Sulawesi Utara," katanya. Bara Hasibuan. (Ist) (1)

Dia juga mengharapkan agar Pemerintah Desa dan masyarakat menjaga dengan baik fasilitas ini sehingga dapat terus berguna dalam jangka panjang.

Sementara Dirjen EBTKE Rida Mulyana juga mengapresiasi kinerja Bara Hasibuan yang getol berjuang di pusat untuk berbagai program dan bantuan dapat tersalur di Sulawesi Utara.

"Perjuangan Pak Bara di pusat saya tahu persis sehingga sehingga Sulawesi Utara terus mendapatkan prioritas bantuan, saya sering berkomunikasi dengan beliau terkait banyak hal, karena itu saya perlu apresiasi dan acungkan jempol," katanya. 

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas ESDM Sulut BA Tinungki mewakili Gubernur dan Kadis Perdagangan Kabupaten Minahasa mewakili Bupati Minahasa.***
 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024