Minahasa Tenggara, (Antaranews Sulut) - Kondisi Sungai Borgo di Kecamatan Belang Kabupaten Minahasa Tenggara mulai memprihatinkan karena masih adanya sampah plastik yang berserakan menghiasi sungai tersebut.

     Terkait kondisi tersebut, Camat Belang Irwan Abdjulu mengakui masih kurangnya kesadaran masyarakat, khususnya yang berada di sekitar daerah aliran sungai untuk menjaga kebersihan lingkungan.

     "Kami telah menyampaikan, dan mengingatkan kepada mereka (masyarakat) agar tidak membuang sampah, khususnya sampah plastik langsung ke sungai," katanya.

     Bahkan menurutnya, para kepala desa sudah diperintahkan mengawasi setiap masyarakat agar tidak membuang sampah di sungai.

     "Kepada kepala desa juga sudah diperintahkan untuk mengawasi, jangan sampai ada yang membuang sampah. Kami juga sudah memerintahkan kepala desa untuk menerapkan peraturan desa tentang sampah," jelasnya.

    Namun menurut Irwan, sampah yang masih menghiasi Sungai Borgo tersebut merupakan sisa yang belum sempat dibersihkan.

    Selain itu menurutnya solusi pembersihan, perlu dilakukan normalisasi sungai.

   Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Minahasa Tenggara Tommy Soleman mengatakan untuk penanganan sudah dikembalikan ke masing-masing desa.

     "Sesuai instruksi Bupati tahun ini. Semua sudah diserahkan di Kecamatan dan desa masin-masing," terangnya.***4***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda

Copyright © ANTARA 2024