Manado, 4/2 (Antaranews Sulut) - Kodam XIII Merdeka melaksanakan apel gelar kesiapan pasukan  Satuan Tugas Pengamanan Pulau- pulau kecil Terluar (Satgas Pam Puter) Tahun Anggaran 2019, di Manado, Senin.
    Pangdam XIII Merdeka, Mayjen TNI Tiopan Aritonang dalam amanat dibacakan Kasdam, Brigjen TNI Fajar Setyawan mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengecek kesiapan Satgas baik personel maupun materil. 
    "Gelar kesiapan pasukan ini merupakan salah satu upaya untuk mengecek dan memastikan sejauh mana  kesiapan  Satgas guna menjalankan tugas negara yakni menjaga dan mengamankan pulau- pulau terluar Indonesia, baik dari segi personel,  kesehatan, dan alat perlengkapan yang dibawa.
      Kasdam Brigjen TNI Fajar Setyawan (foto jorie darondo) ((1))
Pangdam mengatakan tugas ini akan berlangsung selama sembilan bulan,  maka perlu disiapkan segala sesuatunya dengan baik.
    Mengingat tugas pengamanan ini akan berlangsung selama sembilan bulan, harus dipastikan bahwa setiap prajurit harus benar-benar menyiapkan segala kebutuhan yang diperlukan baik pribadi maupun untuk satuan, agar  kalian  nanti  tidak  malah menyulitkan warga yang tinggal di sana. 
     "Manfaatkan waktu yang ada secara maksimal sebelum berangkat untuk melengkapi segala sesuatu yang dibutuhkan nantinya di tempat tugas," katanya.
     Usai apel gelar pasukan, Kasdam Fajar Setyawan  melakukan pemeriksaan terhadap peralatan yang dibawa prajurit, serta tanya jawab dengan personel Satgas Pam Puter.
     Personel Satgas Pam Puter tersebut nantinya akan ditempatkan di lima pulau terluar masing-masing, Pulau Miangas,  Marore, Marampit, Kawaluso dan Kabaruan.
     Hadir pada kegiatan itu antara lain Danrem 131 Santiago, Brigjen TNI Robert Giri dan sejumlah pejabat utama Kodam XIII Merdeka. ***2***

 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024