Minahasa Tenggara, (Antaranews Sulut) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Minahasa Tenggara meminta masyarakat yang tinggal di sekitar sungai agar dapat menjaga kebersihan saat musim penghujan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

     "Kami mengimbau kepada masyarakat yang berada di sekitar aliran sungai agar menjaga kebersihan, dengan tidak membuang sampah ke sungai. Apalagi ini sudah masuk musim penghujan," kata Kepala DLH Kabupaten Minahasa Tenggara Tommy Soleman di Ratahan, Minggu.

      Dia mengakui, masih banyak masyarakat yang masih memanfaatkan sungai sebagai tempat untuk membuang berbagai macam sampah.

      "Memang saat ini kurangnya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang secara langsung sampah ke sungai, dan masih sering kami temui," ujarnya.

      Menurut Tommy, kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai menjadi bagian pelestarian lingkungan.

     "Dengan tidak membuang sampah ke sungai itu sudah menjadi bagian untuk ikut melestarikan lingkungan," katanya.

      Lebih lanjut kata Tommy pihaknya akan meminta kerja sama pemerintah kecamatan, desa serta kelurahan untuk mensosialisasikan larangan membuang sampah di sungai.

     "Kami juga akan meminta seluruh jajaran pemerintah agar ikut mengingatkan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai. Selain merusak lingkungan hal tersebut dapat berdampak bencana," tandasnya.***4***

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda

Copyright © ANTARA 2024