Sitaro, (Antaranews Sulut) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), terus mempromosikan destinasi wisata dan memperbaiki fasilitas untuk menarik wisatawan datang ke daerah tersebut.

"Ada tujuh destinasi wisata yang kami promosikan dalam seven wonders of Sitaro, yakni Pulau Mahoro, Danau Makalehi,Gunung Karangetang, Patung Tuha Yesus memberkati, Gunung Ruang, Pulau Pasige dan Danau Kapeta," kata Kepala Dinas Pariwisata Sitaro, Drs. Eddy Salindeho, melalui Kepala Bidang pemasaran Drs. Ever Kalangit, di Ondong. 

Dia mengatakan, seven wornders of Sitaro menjadi salah satu cara Pemkab mempromosikan semua destinasi unggulan, sehingga bisa menarik banyak wisatawan ke daerah tersebut. 

Di sisi lain dia mengatakan, di Sitaro jumlah destinasi wisata adalah sebanyak 26 buah, yang terdiri atas sembilan buatan dan 18 budaya namun yang menjadi unggulan adalah alam, seperti Mahoro. 

Menurut Kalangit, sementara mempromosikan destinasi wisata unggulan tersebut, pihaknya berupaya melakukan perbaikan terhadap berbagai fasilitas
yang ada di tempat itu. 

Dia mengatakan, fasilitas menjadi salah satu kendala dalam pengembangan kepariwisataan di Sitaro, termasuk hotel penginapan hingga resort namun akan tetap diupayakan agar bertambah. 

Dia menyebutkan, sampai saat ini fasilitas hotel baru berjumlah lima di Sitaro, tiga di Siau dan dua di Tagulandang lalu ada satu resort di Desa Kalihiang sebagai penginapan wisatawan. 

Diakuinya karena posisi Sitaro yang merupakan daerah kepulauan, maka wisatawan yang datang juga sering kesulitan karena harus menyeberang lautan dulu baru bisa mengunjungi pulau-pulau indah itu. 

"Karena itu nanti kami akan bekerja sama dengan dinas perhubungan, agar bisa mengadakan perahu yang akan digunakan sebagai alat transportasi untuk memperudah akses ke Mahoro, karena selama ini perahu yang ada masih menggunakan sistem sewa, sehingga harganya mahal," katanya. 

Karena itu, maka pihaknya akan melakukan berbagai cara untuk memudahkan para wisatawan mengunjungi lokasi-lokasi wisata andalan di Sitaro.*** 
 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B/Miranti Sahambangung

Copyright © ANTARA 2024