Manado, (Antaranews Sulut) - Wakil Wali (Wawali) Kota Manado, Mor Bastiaan, SE, mengajak seluruh jajaranya bekerja keras dan cerdas untuk terus mengurangi kemiskinan di daerah tersebut. 

"Kita harus bekerja keras dan cerdas menaikkan anggaran program kemiskinan tahun depan, untuk mengoptimalkan penanganan dan penanggulangan kemiskinan melalui lembaga yang bertugas melakukan koordinasi dan mengendalikan program tersebut di Manado," kata Bastiaan di Manado, Rabu. 

Mor sapaan akrabnya menjelaskan, salah satu cara yang akan dan harus dilakukan oleh pemerintah bersama para pemangku kepentingan adalah dengan menaikkan anggaran program penanggulangan kemiskinan 2019, sampai skeitar 35 persen dari total belanja langsung. 

Menurut Mor, memang jika melihat pada data yang dipublikasi oleh BPS, maka angka kemiskinan di Manado pada 2017 mencapai 5,46 persen, dan dirasakan tidak baik, meskipun berada di bawah rata-rata angka di provinsi yang berada di angka 8,10 persen dan skala nasional. 

"Meskipun begitu, kita tidak boleh senang dulu, karena harus juga memperhatikan indikator makro ekonomi lainnya seperti pengangguran yang relatif masih tinggi yakni 9,35 persen dari jumlah penduduk," katanya. 

Karena itu Mor mengajak semua jajarannya untuk bekerja keras dan cerdas dalam mengurangi angka kemiskinan, sesuai dengan cita-cita bersama pemerintah dan masyarakat Manado. 

Mor juga mengajak semua melakukan evaluasi, sehingga bisa terus mengtehaui perkembangan dan mendapatkan informasi dan data lengkap, akurat dan komprehensif tentang kondisi kemiskinan Manado, serta melakukan berbagai program pengurangan kemiskinan.*** 

 
 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Nancy Lynda Tigauw
Copyright © ANTARA 2024