Manado, (Antaranews Sulut) - Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw mengatakan, pemerintah provinsi berkomitmen mempercepat pembangunan sektor perekonomian dalam rangka meningkatkan dan menciptakan pembangunan secara adil dan merata. 
    "Pemprov Sulut telah menetapkan sepuluh program prioritas pembangunan daerah pada tahun 2019 untuk memenuhi komitmen itu," kata Wagub Steven pada paripurna pengantar nota keuangan RAPBD Provinsi Sulut Tahun Anggaran 2019 di Manado, Rabu.
    Sepuluh program prioritas pembangunan tersebut yaitu penanggulangan kemiskinan dan pengangguran, pembangunan pendidikan, pembangunan kesehatan, revolusi mental dan reformasi birokrasi.
    Selanjutnya, infrastruktur dan pengembangan wilayah, kedaulatan pangan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat serta kesuksesan pemilu presiden dan legislatif, Peningkatan daya saing investasi, pembangunan pariwisata serta pengelolaan bencana dan mitigasi.
    Wagub menjelaskan, berdasarkan Permendagri Nomor 38 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2019, Pemprov Sulut telah menetapkan target capaian kinerja setiap belanja, baik dalam konteks daerah, satuan kerja perangkat daerah, maupun program dan kegiatan.
    Hal ini bertujuan untuk meningkatkan akuntabilitas perencanaan anggaran dan memperjelas efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran. 
    "Program dan kegiatan memberikan informasi jelas dan terukur serta memiliki korelasi langsung dengan output yang diharapkan dari program dan kegiatan dimaksud ditinjau dari aspek indikator, tolok ukur dan target kinerjanya," beber Kandouw. 
    Usai penyampaian pengantar nota keuangan RAPBD Tahun Anggaran 2019, rapat paripurna dilanjutkan dengan pemandangan umum fraksi-fraksi dan menyetujuinya untuk dibahas pada tingkat selanjutnya.
    "Saya atas nama Pemerintah Provinsi Sulut mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada pimpinan dan anggota fraksi-fraksi DPRD yang dengan penuh kesungguhan telah menanggapi pengantar nota keuangan RAPBD Provinsi Sulut Tahun Anggaran 2019 ini," ujarnya.***3***
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Karel Alexander Polakitan
Copyright © ANTARA 2024