Manado, (Antaranews Sulut) - JNE menyiapkan pusat usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) untuk membantu pelaku usaha di daerah tersebut meningkatkan kualitas.

Kepala Cabang Utama JNE Manado Julianus Barthen mengatakan JNE Cabang Utama Manado siap meminjamkan gedung untuk dijadikan pusat UMKM atau UMKM Center.

"JNE ingin terus memberikan dukungan positif bagi pertumbuhan UMKM di Sulawesi Utara. Salah satunya menyediakan tempat gratis bagi UMKM," kata Barthen di Manado, Selasa.

Dia mengatakan JNE memiliki gerai di Ruko Smart Icon No. 63B, Jalan Sam Ratulangi, Tanjung Batu, Manado. Ruko ini ada tiga lantai.

"Kami siap pinjamkam lantai dua dan tiga untuk UMKM Center," paparnya.

Dahulunya, tempat itu difungsikan kantor operasional JNE Cabang Manado. Kini kantor cabang utama JNE Manado berpindah di jalan Yos Sudarso Nomor 28 Kairagi Manado.

Menurut dia, kedua lantai tersebut memiliki ruangan yang cukup luas. Tempat ini kata dia sangat cocok untuk menjadi tempat pengembangan bisnis UMKM. Selain memiliki tempat yang luas, gedung ini juga didukung dengan daya listrik yang terbilang cukup.

"Karena itu kami tawarkan, ruangan dan dukungan listrik sangat memadai," ujarnya.

Di UMKM Center tersebut kata dia, bisa dilakukan sebagai tempat pendidikan bisnis dan pengembangan usaha. Di tempat itu juga bisa dimanfaatkan untuk pelatihan cara pengepakan atau packaging yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Bahkan bisa menjadi tempat berbagi bagi pelaku usaha yang sudah berpengalaman kepada pelaku usaha baru.

Lanjut dia, di tempat itu juga UMKM bisa langsung melakukan pengiriman produk. Pasalnya di lantai satu Ruko Smart no 63B terdapat gerai JNE. Kabar baiknya gerai ini beroperasi hingga pukul 24.00 WITA.

Bagi UMKM yang masih terkendala dengan masalah pengepakan, Barthen menerangkan, hingga saat ini JNE tetap mengratiskan pengembangan produk kiriman bagi UMKM.

"Kami suport dari sisi packaging. Karena ada teman-teman UMKM yang produknya belum begitu baik, apalagi kalau masuk pesawat," jelasnya.

(KR-JRL).

(T.KR-JRL/B/G001/C/G001) 13-11-2018 11:49:46

Pewarta : Jerusalem Mendalora

Copyright © ANTARA 2024