Minahasa Tenggara, (Antaranews Sulut) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) menyalurkan bantuan khusus bagi masyarakat lewat program penguatan kearifan lokal dan keserasian di sejumlah desa di daerah tersebut.

     "Ini merupakan program bantuan khusus yang disiapkan pemerintah bagi sejumlah masyarakat yang ada di desa dalam rangka penguatan kearifan lokal serta keserasian," kata Bupati James Sumendap di Ratahan, Selasa.

    Dia menjelaskan program keserasian itu merupakan bagian dari daerah yang dikenal dengan wilayah rawan bencana alam agar mendapat perhatian bantuan pemerintah.

    "Sedangkan kearifan lokal itu lebih kepada penguatan nilai-nilai budaya khususnya di Kabupaten Minahasa Tenggara," katanya.

     Ia pun berharap bantuan yang diberikan pemerintah tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat yang menjadi sasaran penerima.

     Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kabupaten Minahasa Tenggara Fenggy Wurangian mengungkapkan, setidaknya ada empat desa yang mendapatkan bantuan tersebut.

     "Ada empat desa yang mendapatkan bantuan tersebut, dengan jumlah setiap programnya berbeda-beda," katanya.

     Program keserasian diberikan kepada Desa Wioi Kecamatan Ratahan Timur, dan Desa Lobu Kecamatan Touluaan, masing-masing sebesar Rp 150 Juta.

    "Untuk program penguatan kearifan lokal diberikan kepada Desa Ranoketang Atas Kecamatan Touluaan, dan Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur dengan jumlah Rp 50 juta tiap desanya," tandasnya.***4***
 

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda

Copyright © ANTARA 2024