Manado (Antaranews Sulut) - Kementerian ESDM bersama komisi VII DPR RI merealisasikan program kemitraan, dengan menyerahkan bantuan kepada nelayan Kota Manado, sebanyak 144 paket alat koversi BBM ke BBG.

"Bantuan yang diserahkan berupa paket konversi bahan bakar minyak (BBM) ke gas sebanyak 144 paket, kepada nelayan di Manado," kata Anggota Komisi VII DPR RI, Dapil Sulawesi Utara, Bara Krishna Hasibuan Walewangko, di Manado. 

Bara mengatakan, penyerahan dilakukan bersama dengan Staf Khusus Menteri ESDM, Widyo Sunaryo, di tempat pelelangan ikan, Tumumpa, yang diterima nelayan bersama pemerintah kota yang dipimpin Sekda Micler Lakat, dan Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Kelautan, Nolfie Talumewo. 

Dia berharap bantuan yang diserahkan bisa bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan sekaligus mendongkrak perekonomian daerah, serta bertujuan agar bisa menghemat devisa, karena BBG lebih murah dan hemat dari BBG, sebab bensin masih disubsidi.  Penyerahan bantuan di TPi Tumumpa (Ist/Leo0 (1)

Sementara Staf khusus Menteri EDSM, Widyo Sunaryo, mengatakan, yang diberikan adalah dua tabung gas dan mesin katinting, dan penyerahan sudah melalui verifikasi lebih dulu, apakah memenuhi sehingga yang menerimanya adalah yang benar-benar layak. 

"Masing-masing nelayan mendapatkan dua tabung gas dan satu mesin katinting, supaya tidak lagi menggunakan bensin tetapi beralih ke gas yang lebih murah dan hemat," katanya. 

Dia mengatakan, syarat-syarat yang wajib dipenuhi yaitu nelayan yang memliki kapal dibawa lima GT atau setara dengan 13 tenaga kuda, tidak tidak menggunakan kegiatannya secara ilegal, atau menggunakan jarring-jaring yang dilarang dalam penangkapan ikan, termasuk menggunakan bom, dan belum pernah menerima bantuan sejenis.

Sementara Sekda Micler Lakat, mengatakan, bantuan yang diberikan itu, sangat baik dan bermanfaat bagi nelayan di Kota Manado. Penyerahan bantuan di TPi Tumumpa (Ist/Leo0 (1)

"Program kemitraan ini sangat baik dalam membantu pemerintah Kota Manado, serta para nelayan karena bisa meningkatkan pendapatan dan berhemat," katanya. 

Dia mengatakan, pemerintah Manado, berharap bantuan kapal perikanan yang diberikan kepada nelayan dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin demi meningkatkan pendapatan nelayan.

Dia mengatakan, nelayan Sulawesi Utara khususnya yang ada di Kota Manado sangat terbantu, dengan pemberian Paket Konversi BBM ke BBG untuk kapal perikanan bagi nelayan kecil.

Usai menyerahkan Bara dan Widyo melakukan uji coba bantuan yang diserahkan itu. *** 


 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024