Manado, (Antaranews Sulut) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mendampingi Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri saat menjadi pembicara pada "The Kor-Asia Forum" tahun 2018 yang dilaksanakan di Seoul, Rabu.

    "Gubernur kembali dipercaya mengikuti pertemuan internasional yang dihadiri akademisi hingga tokoh politik," kata Kepala Bagian Humas Pemprov Sulut Christian Iroth SSTP di Manado.

    Christian mengatakan, pada forum itu menampilkan serangkaian pembicara dan diskusi panel tentang Korea dan ASEAN, pertumbuhan dan kemakmuran serta Asia Utara (Tantangan Baru Jalan Menuju Masa Depan).

    Acara ini dibuka oleh Perdana Menteri Korea Selatan Lee Nak-yeon.

    Gubernur Olly kata dia menerangkan, "The KOR-ASIA Forum" 2018 mengusung tema "Peace on the Korean Peninsula, Asia’s Opportunity Progress" atau Perdamaian di Semenanjung Korea dan Peluang Asia untuk Kemajuan.
    Pada acara itu Megawati didaulat menjadi salah satu pembicara dalam kapasitasnya sebagai mantan Presiden Republik Indonesia. 
    Megawati dinilai selama ini aktif mendorong perdamaian di Semenanjung Korea.
    Dalam forum tersebut dibagi ke dalam dua fokus pembahasan diskusi panel yaitu untuk hubungan Korea dan ASEAN dengan tema "Mutual Growth and Prosperity" serta pembahasan untuk kawasan Asia Utara dengan tema "New Challenges Road to the Future".
    Forum ini turut dihadiri sejumlah perwakilan dari partai politik di Korea Selatan seperti Partai Liberty Korea, Demokrat, Barenmirae, Partai Perdamaian, serta para pakar dan akademisi yang terkenal pada bidangnya masing-masing.***4***


 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan

Copyright © ANTARA 2024