Manado, (Antaranews Sulut) - Dengan penetrasi pelanggan data khususnya layanan 4G yang sudah di atas angka 50 persen di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Telkomsel kembali memperkuat komitmennya untuk mewujudkan ekosistem masyarakat digital mulai dari tingkat kota, kabupaten hingga pelosok desa.

Manager Network Service Telkomsel Branch Manado Ahsan Lau mengatakan berbagai promo, diskon dan layanan digital terus dilakukan oleh Telkomsel baik di Kota Manado, Provinsi Sulut maupun wilayah Pamasuka.

Ahsan mengatakan baik masyarakat di kota maupun di desa sangat membutuhkan layanan telekomunikasi khususnya dari Telkomsel, sehingga pelayanan dan ekspansi akan terus dilakukan.

"Memang harus diakui kondisi geografis Provinsi Sulut yang banyak perbukitan membuat signal agak sulit untuk ditangkap dari beberapa titik tertentu," jelasnya.

Namun, katanya, membuat Telkomsel terus berupaya mendekatkan diri dengan masyarakat hingga kepulauan.

"Kami tidak hanya memikirkan bisnis, namun terus melakukan ekspansi untuk melayani negeri," jelasnya.

Jika layanan telekomunikasi berjalan lancar, katanya, maka dengan sendirinya pertumbuhan ekonomi suatu daerah maupun bangsa akan semakin tinggi.

"Telkomsel untuk layanan 3G maupun 4G sudah menjangkau masyarakat di Sulut hingga kecamatan dan desa," jelasnya.

Memang, katanya, harus diakui masih ada yang belum dijangkau 4G, sehingga terus dilakukan perbaikan dan sebagainya.

Superviser Corporate Communication Area Pamasuka, Hasrina Ali mengatakan jumlah pelanggan Telkomsel di Pulau Sulawesi telah menyentuh di kisaran 17 juta, atau menguasai sekitar 82 persen dari total pangsa pasar telekomunikasi.

Hasrina mengatakan Sulawesi merupakan pulau dengan pelanggan terbanyak di area Papua, Maluku, Sulawesi dan Kalimantan (Pamasuka), diikuti Kalimantan dan Papua.

"Di area Pamasuka jumlah pengguna Telkomsel mencapai 35 juta pelanggan, terbanyak memang ada di Sulawesi,” tuturnya.

Dikatakannya, dari jumlah keseluruhan tersebut, lebih dari 50 persen pelanggan sudah aktif menggunakan paket data internet. 

Karena itu, pihaknya terus memperkuat layanan internet di semua cakupan wilayah.

Telkomsel untuk mendorong penetrasi produk dan layanan broadband dan digital Telkomsel melalui kehadiran trade-in dan diskon untuk smartphone keluaran terbaru yang dibundling produk broadband Telkomsel, Bazaar Kuliner dengan konsep transaksi menggunakan layanan digital money TCASH, lomba games online dan karaoke menggunakan aplikasi, dan lain sebagainya.

Sehingga penguatan ekosistem gaya hidup digital melalui pengalaman menjajal langsung beragam keseruan layanan digital Telkomsel,” katanya.

Dia menjelaskan perkembangan pemanfaatan layanan broadband dan digital di wilayah untuk penetrasi pengguna layanan transaksi digital money TCASH meningkat.

Adopsi ekosistem gaya hidup digital dalam keseharian warga ini juga yang mendorong Telkomsel wilayah Sulut dan Pamasuka pada umumnya untuk menguatkan komitmen bersinergi secara berkelanjutan dengan pemerintah , terutama dalam penerapan konsep Smart City yang diharapkan dapat mendukung terciptanya sistem layanan operasional Pemkot berbasis aplikasi mobile.

Telkomsel telah puluhan tahun hadir bersama-sama masyarakat Indonesia. Selama itu juga Telkomsel berkomitmen untuk terus melanjutkan transformasi digital dengan mengembangkan ekosistem digital berbasis jaringan broadband yang berkualitas di seluruh wilayah Indonesia sehingga mendorong adopsi layanan digital masyarakat Indonesia.

Bisnis digital, lanjutnya menjadi kontributor pertumbuhan Telkomsel yang signifikan sesuai fokus perusahaan untuk tetap menjadi yang terdepan dalam membangun ekosistem digital yang produktif dan konstruktif berbasis Device, Network, dan Application (DNA).

telkomsel fokus mengembangkan ekosistem digital, dengan terus menggelar infrastruktur jaringan secara agresif, terutama BTS berbasis teknologi mobile broadband. Kami juga menyediakan berbagai pilihan solusi layanan digital dengan melayani kebutuhan digital lifestyle masyarakat Indonesia.

Fokus Telkomsel pada bisnis digital terlihat dari ketersediaan infrastruktur jaringan broadband. 

Pertumbuhan juga terjadi untuk layanan digital Telkomsel cukup signifikan yang dikontribusi meningkatnya penggunaan berbagai layanan digital lifestyle, seperti video, musik, games, dan value added service (VAS); digital advertising; digital payment T-Cash; digital banking; dan Internet of Things (IoT).

“Kami senantiasa berupaya mendorong pemanfaatan jaringan broadband secara lebih optimal sehingga memberikan manfaat yang maksimal bagi pelanggan. Untuk itu, Telkomsel terus melakukan berbagai improvement untuk menyajikan pengalaman mobile digital lifestyle terbaik kepada para pelanggannya,” jelasnya.

Pengembangan ekosistem digital di Indonesia memicu lahirnya berbagai solusi yang dapat meningkatkan produktivitas dan mendorong berbagai perubahan ekonomi, sosial, dan budaya di masyarakat. 

Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, katanya, Telkomsel membutuhkan dukungan seluruh pemangku kepentingan di industri telekomunikasi untuk bersama-sama memajukan negeri.

Ke depannya, Telkomsel terus melanjutkan pengembangan ekosistem digital untuk memperluas jangkauan dan ragam layanan digital sebagai fondasi penting dalam transformasi digital Telkomsel.

Terbentuknya ekosistem digital menjadi fondasi utama Telkomsel untuk menjadi digital telecommunication company yang sukses, untuk Indonesia yang gemilang.

Assisten II Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Rudy Mokoginta mengatakan saat ini telah memasuki era digital, maka jika tidak mengikuti maka dengan sendirinya akan tertinggal.

"Pemerintah akan terus mendorong agar semua kalangan pelaku usaha baik mikro kecil maupun besar, harus melihat perkembangan zaman yang serba digital saat ini," kata Mokoginta.

Sehingga, dukungan semua pihak khususnya provider akan sangat diharapkan demi kemajuan daerah maupun Bangsa Indonesia yang lebih baik.***
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Nancy Lynda Tigauw
Copyright © ANTARA 2024