Manado, 4/11 (Antaranews Sulut) - Kuda pacu Mc Kinly milik Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, menjuarai pacuan kuda memperebutkan Piala Bupati dan Wakil Bupati dalam memperingati HUT ke-590 Kabupaten Minahasa.

Sekretaris I Pengprov Pordasi Sulawesi Utara, Chris Sondakh, di Manado, Minggu, mengatakan pada kejuaraan yang digelar di Gelanggang Pacuan Kuda Maesa Tompaso, kuda Mc Kinly dengan joki Soni Wenas yang baru pertama kali ikut di kelas terbuka sprint jarak 1.300 meter tampil baik.

"Kuda dari Miranda Stable tersebut, meninggalkan jauh kuda pacu sprinter terbaik yang selalu merajai kelas terbuka sprint di Sulawesi Utara bahkan nasional," kata Sondakh.

Ia menambahkan seperti kuda pacu Star Princess dari Ibantong Stable milik Bupati Bolaang Mongondouw Timur Sehan Landjar, Torona Princess dari Torona Stable milik Mashal Kasenda dan Star Princes dari Princess Star milik Ferdinand Tumbol.

"Kemenangan kuda pacu Mc Kinly, menjadi aset kontingen Sulawesi Utara untuk meraih prestasi dalam Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Pordasi Seri Kedua memperebutkan Piala Presiden pada 15-22 Desember 2018 akan datang di Gelanggang Pacuan Kuda Maesa Tompaso," katanya.

Pada partai lainnya, kelas Calon Remaja jarak 1.300 meter, Kuda pacu dari Tonsea Stable milik Emil B Karim masing masing Madania Tonsea yang di tunggani joki S. Sondakh dan Onix ?Tonsea yang di tunggani joki R Rorompandey, berhasil meraih juara pertama dan kedua.

 Kelas Calon Derby jarak 1.600 meter juara pertama kuda pacu Terminator Polman dengan joki S.Sondakh dari AIM Stable, yang tidak diunggulkan mengalahkan Manjusha dengan joki S.Wenas dari Miranda Stable dan Matahari Tonsea dengan Joki B.Paseki dari Tonsea Stable.

Kelas F jarak 800 meter, juara pertama kuda Mini Cooper dengan joki F Paendong, ?disusul Jesika dengan joki Bayu B, dan Chelsea dengan joki G.Loupa.

Kelas Perdana dua tahun jarak 800 meter juara pertama kuda Mimiti dengan joki Soni Wenas, diikuti ?Termunator Woman dengan joki F. Paendong dan Bintang Palma dengab Joki B. Paseki, Palma Stable, Pemilik Memi Palma dari Gorontalo

Kelas Pemula jarak 900 meter juara pertama kuda ?Patriotis dengan joki ?B. Paseki, diikuti Barbarosa, joki D. Liwe dan Kamasilan dengan joki S. Wenas,

Kelas E jarak 1.000 meter juara pertama kuda ?Permata Kasih dengan Joki F. Sangian, disusul Edelweis dengan joki A. Pantow dan Tavros Nagari, joki F Walangitan.

 Kelas D jarak 1.200 meter juara pertama kuda Glora dengan joki R. M. Supit, diikuti Suko Nagari, Joki J. Maleke dan Red Zegen joki R. Rorimpandey.

Kelas terbuka jarak 1.900 meter juara pertama kuda Queen Torona, joki Swenpry disusul, Bolt dengan joki D.Liwe, dan Tagaroa dengan Joki F. Sangian.

 Kelas Extra, jarak 1.000 meter juara pertama kuda Toshiba dengan joki R.Saada, disusul Srikandi Ragey joki F Paendong, dan Putra Nagari dengan joki Joulan M.

Kejuaraan Pacuan Kuda, Roda Sapi dan Bendi Kalaper Piala Bupati dan Wakil Bupati Minahasa tahun 2018 ini diikuti tujuh Provinsi yakni ?Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Gorontalo, Jawa Timur, Jawa Barat dan DKI Jakarta. (J009).

(T.J009/B/B015/C/B015) 04-11-2018 17:08:14

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024