Manado, 1/11 (Antaranews Sulut) - Kejuaraan Pacuan Kuda memperebutkan piala Bupati dan Wakil Bupati Minahasa, merupakan ajang seleksi bagi tim Sulawesi Utara (Sulut) menuju ke Kejuaraan Nasional (Kejurnas).
     Ketua Pengurus Provinsi Pordasi Sulut  Ferry MKA Wowor, di Manado, Kamis, mengatakan kejuaraan yang digelar pada Sabtu (3/11), merupakan ajang seleksi dan pemanasan tim Pordasi Sulut dalam menghadapi Kejurnas Berkuda.
     "Kejurnas tersebut akan dilaksanakan di Gelanggang pacuan Kuda Maesa, Tompaso, Minahasa 15-22 Desember 2018," kata Wowor.  
     Kejuaraan Pacuan Kuda Piala Bupati dan Wakil Bupati Minahasa tersebut akan mempertandingkan sepuluh kelas dan bakal diikuti kuda pacu dari stable-stable terbaik di Sulut maupun luar daerah ini.
    Selain kuda pacu, kejuaraan ini juga akan mempertandingkan delapan kelas pacuan roda sapi serta  dua kelas bendi kalaper.
    Menurut Wowor, mengharapkan kejuaraan ini dapat di manfaatkan secara optimal oleh seluruh lapisan masyarakat olahraga berkuda maupun olahraga rekreasi masyarakat pacuan roda sapi serta bendi kalaper.
    Karena kejuaraan ini akan berdampak positif pada keberhasilan pengembangan peternakan,pertanian dan pariwisata daerah Sulut.  
    "Dengan rutinnya kejuaraan pacuan kuda, roda sapi dan bendi kalaper dilaksanakan di gelanggang pacuan kuda Maesa Tompaso, tidak menutup kemungkinan Minahasa akan menjadi daerah industri olahraga berkuda," katanya.
    Ia menambahkan, ini   pada akhirnya akan memberikan dampak positif bukan saja pada prestasi olahraga, tetapi bagi perekonomian, kesejahteraan masyarakat di daerah.
    Wowor mengingatkan peserta  pada kejuaraan itu harus menjunjung tinggi sportivitas dan selalu mengutamakan persatuan serta kesatuan di daerah dalam bingkai NKRI.        
    Pengprov Pordasi Sulut, berterima kasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa dibawah pimpinan Roy R. Roring dan Robby Dondokambey yang  memberikan bantuan atas pelaksanaan  kejuaraan ini.
    Mudah-mudahan bantuan ini akan berlanjut dengan baik demi kelangsungan pembinaaan olahraga berkuda dan olahraga rekreasi masyarakat pacuan roda sapi dan bendi kalaper di Sulut khususnya Minahasa.
     Kejuaraan memperebutkan Piala Bupati dan Wakil Bupati dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT ke-590 Minahasa, dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Minahasa bekerja sama dengan Pengurus Provinsi Pordasi Sulawesi Utara. ***4***

 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024