Minahasa Tenggara, (Antaranews Sulut) - Perpustakaan sekolah di Kabupaten Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara, diharapkan memiliki daya tarik bagi para siswa agar lebih sering memanfaatkan fasilitas tersebut, dan mengampanyekan gerakan membaca, kata pejabat berwenang..

"Kami berharap setiap sekolah mempunyai kreasinya, sehingga mempunyai daya tarik bagi para siswa untuk gemar ke perpustakaan," kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Minahasa Tenggara Saul Arikalang di Ratahan, Sabtu.

Ia mengatakan keberadaan perpustakaan saat ini mempunyai tantangan besar dengan adanya kemajuan teknologi sehingga membuat buku bacaan mulai ditinggalkan.

"Dengan era digital saat ini, tantangan dari keberadaan perpustakaan sangat besar karena makin mudahnya mengakses buku atau bahan bacaan lewat internet," katanya.

Menurut Saul perpustakaan sekolah harus memiliki fasilitas yang lebih memadai serta memberikan kenyamanan para siswa saat membaca.

"Termasuk memperbaiki fasilitas yang ada. Buat tampilan yang lebih menarik sehingga para siswa ini betah dan lebih tertarik membaca buku," ujarnya.

Ia menambahkan, Pemkab Minahasa Tenggara secara aktif akan melakukan kampanye gerakan gemar membaca, baik di sekolah sampai masyarakat.

"Kami juga akan memaksimalkan kendaraan perpustakaan keliling sebagai bagian upaya Pemkab mengampanyekan gerakan gemar membaca," demikian Saul Arikalang.

(T.KR-AIK/B/A035/C/A035) 13-10-2018 05:30:10

Pewarta : Arthur Ignasius Karinda

Copyright © ANTARA 2024